Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan IKU 1, Unram Gelar Job Fair bagi Lulusan

Tingkatkan IKU 1, Unram Gelar Job Fair bagi Lulusan

Mataram, Universitas Mataram – Dalam rangka meningkatkan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1, Universitas Mataram (Unram) menggelar Unram Job Fair untuk fresh graduate (lulusan baru) dan alumni Unram selama dua hari sejak tanggal 1 – 2 Oktober 2022 di Gedung Auditorium M. Yusuf Abubakar Unram.

Terdapat 22 perusahaan yang bergabung dalam acara Unram Job Fair tersebut, diantaranya Kimia Farma, Siloam Hospital, Aruna Senggigi Resort & Convention, Salva Inti Property, JMart, Indomaret, Alfamart, Sunwood Hotel, RSIA Permata Hati, Milky Wave Restaurant, Krida, MNC Vision Networks, Gili Sands Beach Club, Idoop Hotel, Pullman Hotel & Resort, Pearl of Trawangan, Novotel Lombok Resort & Villas, Adira Finance, Bank Sinarmas, PPU, M Mart, dan Amber.

Unram Job Fair yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA itu diperuntukan bagi lulusan Unram yang sedang mencari pekerjaan. Mengawali acara tersebut, L. M. Furkan, S.E., MM., Ph.D. selaku Ketua Penyelenggara dalam sambutannya menyebutkan jika kegiatan Unram Job Fair diselenggarakan untuk pertama kalinya, dan rencana ke depan Unram akan terus melaksanakan kegiatan ini untuk mengembangkan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Unram.

“Kami mohon dukungan daripada teman-teman semua, dukungan dari industri teman-teman yang sudah bersedia hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan Unram Job Fair ini. Dengan bersama, saya rasa semua yang kita inginkan, semua yang kita hajatkan untuk menciptakan masyarakat Nusa Tenggara Barat yang lebih berkontribusi dalam bidang Ketenagakerjaan dapat tercapai,” tutur Furkan.

Dan disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat (Disnakertrans Prov. NTB) yakni I Gede Putu Aryadi, S.Sos., MH., bahwa Unram Job Fair yang diselenggarakan oleh BKK (Bursa Kerja Khusus) Unram ini termasuk salah satu kegiatan yang mendukung Disnakertrans Prov. NTB dan merupakan momen untuk mempertemukan perusahaan dengan para pencari kerja.

“Momen ini sangat penting karena memiliki arti atau menjadi jembatan penghubung antara dunia usaha dengan dunia pendidikan. Dunia pendidikan mencetak kader-kader, calon-calon tenaga kerja yang terampil, mempunyai kompetensi, mempunyai kemampuan untuk di bidang profesional. Sementara dunia usaha memerlukan hadirnya sosok calon pekerja, calon karyawan, bahkan calon manajemen perusahaan yang mumpuni,” jelas Gede.

Kepala Disnakertrans Prov. NTB itu berharap agar kedepannya dari kerjasama antara industri dengan lembaga pelatihan, dan kerjasama dengan Unram akan menciptakan kolaborasi yang tepat untuk mengurangi angka pengangguran di NTB.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, yaitu Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A. secara resmi membuka Unram Job Fair dan menuturkan jika kegiatan ini sangat penting dan ditargetkan untuk meningkatkan capaikan IKU 1 Unram terkait lulusan yang mendapat pekerjaan yang layak, lulusan yang melanjutkan studi, dan lulusan yang berwirausaha.

“Ke depan Unram akan terus menggelar Job Fair bersamaan dengan pelaksanaan wisuda mulai bulan Desember tahun 2022,” ungkap Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. ketika ditemui Humas Unram (1/9).