Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Mengintip dan Mencicip Dunia Kreatip, DKV Unika Soegijapranata Adakan Diskusi Bersama RectMedia

Mengintip dan Mencicip Dunia Kreatip, DKV Unika Soegijapranata Adakan Diskusi Bersama RectMedia

Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unika Soegijapranata mengikuti acara sharing session bersama RectMedia. Acara dilaksanakan pada Jumat (30/9) di Gedung Henricus Constant Unika Soegijapranata. Kepala Program Studi DKV, Bayu Widiantoro S.T., M.Sn., menyampaikan adanya acara ini merupakan bagian pengenalan mengenai dunia kerja bagi mahasiswa agar dapat menghadapi tantangan industri kreatif ke depannya.

“Kami dari Prodi DKV selalu ingin mahasiswa itu tau dunia kerja itu dari awal. Tujuannya supaya mereka tahu apa manfaatnya dari selama perkuliahan diberikan,” jelasnya.

Mengingat Soegijapranata Learning Model (SLM) yang kontekstual dengan memberikan pengetahuan tentang dunia kerja dan sharing dari alumni. Maka acara yang diusung DKV dengan tema “Mengintip dan Mencicip Dunia Kreatip” merupakan bagian tersebut karena mendatangkan pula alumnus DKV Unika Soegijapranata yakni Ivon Gunawan.

“Maka kami mengajak alumni dan sekaligus praktisi juga supaya ada hubungan yang baik antara prodi dan alumni. Karena kalau alumni yang memaparkan materi itu pasti biasanya berbicaranya lebih luwes,” terangnya.

Ivon sebagai graphic designer RectMedia memberikan pemaparan materi mengenai tipe-tipe desainer dan memberikan pandangan bahwa desainer harus dapat multitalenta. “Menjadi desainer itu nggak cuma mendesain saja, tapi juga harus bisa mengedukasi. Selain itu, juga harus dapat mengatur manajemen waktu, komunikasi, berkolaborasi, memperkuat riset dan observasi, serta dapat presentasi di depan umum.”

Bayu Widiantoro menyinggung mengenai tantangan yang terjadi dengan adanya perkembangan digital yang mempermudah atau serba praktis untuk membuat desain, bukan menjadi masalah yang utama. Melainkan adanya digital atau software yang membuat praktis ini justru dapat menjadi pemantik atau pengantar ide awal ketika akan membuat desain.

“Kalau kita sudah terbiasa membuat desain, maka kita harus benar-benar memahami konsepnya. Selain itu, juga harus dapat menyertakan alasan kenapa membuat desain tersebut,” pungkasnya.

Bayu Widiantoro mengharapkan apabila dengan ada acara ini dapat membuat mahasiswa Prodi DKV mengetahui dunia kerja dan mengasah jiwa kompetisi mahasiswa masing-masing.

“Harapan saya dengan acara ini, para mahasiswa bisa lebih tahu dunia kerja itu seperti apa. Lalu, saya mengharapkan jiwa kompetisi mahasiswa bisa lebih tinggi karena yang terjadi sekarang ini, era digital mulai berkembang. Jadi lekas asah jiwa kompetisi itu supaya mencapai hasil yang lebih baik,” [Humas Unika Soegijapranata/Dim]