Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Tim Abdimas PPUD UNJA Laksanakan Pelatihan Manajemen Pemasaran ‘Investasi Syariah Qurban Murah’

Tim Abdimas PPUD UNJA Laksanakan Pelatihan Manajemen Pemasaran ‘Investasi Syariah Qurban Murah’

JAMBI,- Tim Abdimas Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan pelatihan dengan sasaran mahasiswa dan alumni (fresh graduated) di seluruh program studi UNJA, masyarakat umum, dan peternak mitra binaan. Dengan jumlah calon peserta yang mendaftar mencapai 43 orang dari kuota awal yang disediakan untuk 20-25 orang, sehingga dilakukan seleksi dan penambahan kuota menjadi 30 orang.

Kegiatan pelatihan dengan topik ‘Manajemen Pemasaran Produk Jasa Investasi Syariah: Program Investasi Syariah Qurban Murah (ISQM)’ dilaksanakan selama 2 hari yaitu 14 -15 Agustus 2022 di Aula Gedung Pascasarjana UNJA Telanaipura, Kota Jambi. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc., menghadirkan 8 orang narasumber (2 eksternal dan 6 internal UNJA) dengan topik yang beragam.

Bisnis jasa Investasi Syariah Qurban Murah (ISQM) adalah sebuah karya inovatif dalam sektor jasa yang pada awalnya bertujuan untuk mendorong kemandirian industri kompos perdesaan yang memanfaatkan limbah padat kandang ternak sapi sebagai bahan baku produksi. Upaya untuk meningkatkan populasi ternak sapi, kelompok tani pelaku industri kompos di Desa Dataran Kempas dilakukan melalui penggalian sumber dana investasi publik dengan sasaran utama adalah umat muslim yang berniat untuk menunaikan ibadah qurban saat hari raya Idul Adha.

Program ISQM yang didanai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun ini merupakan tahun terakhir dari 3 tahun (2021 – 2022) pendanaan. Selama 2 tahun pelaksanaan kegiatan, telah dilakukan penguatan kelompok tani ternak mitra melalui adopsi teknologi dan penguatan kapasitas sumber daya manusia, tetapi belum maksimal menarik banyak investor. Kendala pandemi COVID-19 yang menyebabkan sosialisasi, promosi, dan pemasaran langsung, baik melalui ‘door to door’ maupun pertemuan umum belum optimal mengubah kebiasaan mayoritas peserta qurban (investor). Untuk itu, pada tahun ke-3 kegiatan PPUD ini difokuskan pada 3 hal: yaitu 1) penguatan kapasitas pasokan pakan mitra peternak sapi penggemukan, 2) penguatan kapasitas lembaga perantara bisnis jasa ISQM, serta 3) peningkatan intensitas promosi dan pemasaran jasa investasi.

Peserta pelatihan berasal dari beberapa kelompok mulai dari mahasiswa aktif dan alumni sampai pada masyarakat umum. Sasaran kegiatan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta pelatihan dalam bidang marketing dan promosi produk jasa khususnya jasa ISQM baik dalam perannya sebagai tenaga pemasaran maupun dalam usaha jasa investasi (wirausaha).

Berikut ini daftar narasumber Pelatihan Manajemen Pemasaran Produk Jasa Investasi Syariah Program ISQM:

No Nama Instansi Topik
1 Handhow T Bank Indonesia Jambi Inflasi dan Stabiliasasi Harga Hari Besar Keagamaan
2 Ferdini Lily Anur Bank 9 Jambi Kemitraan Perbankan: Penampung Dana Jasa Investasi
3 Prof. Dr. Ir. Adriani, M.Si. Fapet UNJA Peranan Ternak Sapi dalam Tatkelola Usaha Kompos
4 Dr. Ade Octavia, S.E., M.M. LPPM UNJA Manajemen Rantai Pasok dan Peningkatan Kinerja Usaha
5 Drs. Agus Syarif, S.E., M.B.S. BPU UNJA Bussines Model Canvas (BMC) Produk Jasa Investasi
6 Dr. Nurida Isnaeni, S.E., M.S. FEB UNJA Pembiayaan Usaha dan Investasi Syariah dalam Ekonomi Islam
7 Dr. Sigit Indrawijaya, S.E., M.S. FEB UNJA Teknik Komunikasi dalam Promosi dan Pemasaran Produk Jasa
8 Dr. Ir. Ardi Novra, M.P. Fapet UNJA Model dan Tata Kelola Kelembagaan Bisnis Jasa ISQM

Dimas Anugrah Adiyadmo / HUMAS / Istimewa