Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Musyawarah Luar Biasa Ikatan Keluarga Alumni Farmasi Universitas Tanjungpura

Musyawarah Luar Biasa Ikatan Keluarga Alumni Farmasi Universitas Tanjungpura

Musyawarah luar biasa (Muslub) IKAF yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 September 2022 di Amphitheater Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Musyawarah ini dilaksanakan secara hybrid offline dan online yang mana dihadiri 29 peserta offline dan 56 peserta online.

Dilakukannya secara hybrid untuk memfasilitasi alumni farmasi yang sudah berada di luar Kota Pontianak, Kalimantan Barat. IKAF sendiri sudah memiliki 17 angkatan Program Studi Sarjana Farmasi sejak angkatan 2007 hingga 2018 dan 15 angkatan Prodi Pendidikan Profesi Apoteker. Musyawarah Luar Biasa IKAF UNTAN dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran dr. Muhammad Asrorudin, Sp.M sekaligus membuka acara secara resmi, selain itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. apt. Isnindar, M.Sc. dan Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Dr. apt. Hj. Sri Wahdaningsih, M.Sc.

Muslub IKAF diawali dari pembacaan dan penetapan tata tertib serta pemilihan presisidum tetap. Muslub dilaksanakan untuk menetapkan dan mengesahkan AD, ART dan GBHO serta pemilihan dan menentukan Ketua baru IKAF periode 2022-2026 yang mana sebelumnya diketuai oleh apt. Mohammad Denny Indarto, S.Farm. alumni sarjana farmasi angkatan 2009. Mekanisme pemilihan ketua IKAF cukup menarik, dikarenakan pada pemilihan ini para calon ketua direkomendasikan oleh masing-masing angkatan dan peserta musyawarah. Hasil rekomendasi forum diperoleh 4 orang calon ketua yaitu, Randi Farmasi 2010, Dicky Farmasi 2013, Rafli Farmasi 2016 dan Bakti Farmasi 2018.

Berdasarkan kesepakatan peserta musyawarah disepakati mekanisme penetapan ketua terpilih melalui mekanisme musyawarah mufakat keempat calon hasil rekomendasi yang terdiri dari 3 calon offline dan 1 calon online keluar ruangan selama 10-15 menit dimana mereka diberikan waktu berembug langsung mendiskusikan siapa yang berhak untuk maju menjadi ketua umum IKAF. Keempat calon secara musyawarah mufakat menentukan 1 nama terpilih. Hasil musyawarah mufakat dan berdiskusi tersebut diperoleh 1 nama untuk menjadi ketua IKAF terpilih periode 2022-2026. Terpilih apt. Rafli Armandani, S.Farm sebagai ketua IKAF periode 2022-2026. Rafli Armandani merupakan alumni Prodi Sarjana Farmasi UNTAN angkatan 2016 dan sekaligus alumni Prodi Pendidikan Profesi Apoteker angkatan XIII UNTAN.

Selain itu ditentukan juga Dewan Penasihat Organisasi yang berasal dari almamater yakni, Dekan Fakultas Kedokteran, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FK UNTAN, Ketua Jurusan Farmasi, Ketua Program Studi Sarjana Farmasi, Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Tanjungpura dan Mantan Ketua IKAF UNTAN. Selain itu, Dewan Penasihat Organisasi juga berasal dari unsur Organisasi Profesi yakni Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dan Ketua Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kalimantan Barat. Kemudian ditetapkan juga Dewan Kehormatan yang terdiri dari tim formatur (pendiri organisasi), mantan ketua organisasi, dewan senior/alumni atau perseorangan yang aktif dikepengurusan dan kriteria lain yang ditetapkan terpilih apt. Denny Indarto, S.Farm., apt. Rendy Gunawan, S.Farm., apt. Hadi Kurniawan, S.Farm., M.Sc., apt. Jibril Putra Fajar, S.Farm., apt. Oka Jaya Murdani, S.Farm., dan apt. Dedi Rahadi, S.Farm. Semoga IKAF UNTAN dapat bermanfaat dan mewujudkan visi misi organisasi melalui program kerja yang disusun dan seluruh alumni serta semua pihak dapat memberikan dukungan kepada pengurus organisasi terpilih.