Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Rayakan Hari Kesaktian Pancasila, SMAN 3 Borong Gelar Upacara Bendera

Pengibaran bendera merah putih saat upacara bendera merayakan hari kesaktian Pancasila (Foto: Humas SMAN 3 Borong)

Pancasila merupakan lambang sekaligus dasar negara Republik Indonesia. Selain sebagai lambang dan dasar negara, Pancasila juga merupakan sebuah ideologi.

Pancasila memiliki 5 sila yang melambangkan pribadi bangsa Indonesia. Karenanya bangsa Indonesia dituntut untuk hidup sesuai dengan Kelima sila Pancasila tersebut

Kalau 1 Juni merupakan tanggal dimana kelahiran sang ideologi dirayakan secara Nasional, lain halnya dengan 1 Oktober. Tanggal pertama di bulan ke sepuluh itu, didaulat negara sebagai hari Kesaktian Pancasila.

Penetapan perayaan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober itu pun ternyata sangat erat kaitannya dengan tragedi berdarah “Gerakan 30 September (G30S/PKI).

Gerakan yang menyebabkan gugurnya 6 Perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI angkatan darat itu, membuat pemerintah NKRI mengeluarkan sebuah kebijakan melalui Keputusan Presiden nomor 153 tahun 1967 dengan menetapkan secara nasional tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Sebagai bagian dari menjalankan amanah negara, Lembaga Civitas Akademika SMAN 3 Borong merayakan Hari Kesaktian Pancasila itu dengan menggelar Upacara Bendera pada Senin ( 3/10/2022).

Upacara bendera yang dipimpin oleh Bapak Konstantinus Everson Rada, S.Pi selaku Kepala Sekolah SMAN 3 Borong itu berlangsung khidmat dan dikuti oleh seluruh laskar SMAN 3 Borong mulai dari siswa/i, para guru dan segenap staf pegawai.

Petugas pengibaran bendera merah putih
Bapak Kepala sekolah SMAN 3 Borong saat memimpin upacara bendera