Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Direktur SDM PT. Kimia Farma, dan Guru Besar Faperta Beri Orasi Ilmiah pada Acara Puncak Dies Natalis ke-60 Unram

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Direktur SDM PT. Kimia Farma, dan Guru Besar Faperta Beri Orasi Ilmiah pada Acara Puncak Dies Natalis ke-60 Unram

Mataram, Universitas Mataram – Senat Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Rapat Terbuka Senat dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 Unram di Ruang Sidang Senat, Rektorat Unram pada hari Senin (3/9). Rapat Terbuka Senat Unram bertemakan “Unram Berseri dan Berinovasi dalam Mewujudkan Kampus Merdeka Belajar” dan diselenggarakan secara luring dan daring melalui kanal Youtube Universitas Mataram, serta dihadiri oleh Rektor, Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), Direktur SDM PT. Kimia Farma, Ketua dan Sekretaris Senat, serta jajaran pimpinan Unram.

Prof. Agil Al Idrus, M.Si. selaku Ketua Senat Unram membuka dan memimpin acara Rapat Terbuka Senat. Disambung dengan pidato Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. yang menyebutkan capaian-capaian Unram dalam mencapai visinya menjadi lembaga pendidikan tinggi berbasis riset dan berdaya saing internasional di tahun 2025.

“Untuk mencapai tujuan tersebut Unram telah melaksanakan proses pendidikan tinggi berstandar mutu nasional, berbasis riset yang kuat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dan membangun jaringan kerjasama nasional dan internasional, melaksanakan tata kelola aset keuangan dan administrasi yang baik, efisien, efektif, transparan dan akuntabel,” ujar Prof. Bambang.

Guru Besar Fakultas Pertanian Unram itu juga menjelaskan jika peringatan Dies Natalis ke-60 Unram merupakan check point untuk mengevaluasi diri dengan melihat di mana letak kekurangan yang butuh pembenahan dan di mana letak kelebihan yang terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Marilah kita sama-sama meluruskan niat, kuatkan hati dan berpegangan lebih erat untuk menjaga keutuhan dan kesatuan Unram agar bisa mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan,” pungkasnya.

Selanjutnya Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (Wagub Prov. NTB), Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. dalam pidatonya turut mengapresiasi kontribusi Unram dalam pembangunan NTB dan Indonesia.

“Kita tidak bisa menafikan prestasi-prestasi yang dicapai oleh Universitas Mataram. Jadi kerja keras yang sudah ditunjukkan oleh Universitas Mataram tentunya sangat berarti bagi pembangunan khususnya di NTB,” ucap Ummi Rohmi sapaan akrab Wagub Prov. NTB.

Beliau menjelaskan terkait 3 indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di NTB, yaitu indikator kesehatan, tingkat pendidikan, dan ekonomi. Di mana pada saat ini NTB sudah menunjukkan percepatan, berkaitan dengan angka rata-rata lama sekolah disampaikan bahwa kontribusi dari Unram dan semua perguruan tinggi yang ada di NTB telah memberikan kontribusi besar. Ummi Rohmi juga berharap agar Unram semakin hari semakin berkualitas dan mencetak lulusan-lusan terbaik, menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan yang berkualitas yang mana Fakultas Kedokteran Unram saat ini berakreditasi A.

“Kita tentunya harus bangga dengan pencapaian-pencapaian yang ada. Bangga bukan berarti untuk kita jumawa, tetapi bagaimana kita semakin bersemangat untuk terus berbuat yang terbaik agar kerja-kerja kita terukur. Sehingga apa yang kita inginkan untuk kualitas SDM di Nusa Tenggara Barat dari waktu ke waktu semakin baik,” tutur Ummi Rohmi.

Acara inti dari Rapat Terbuka Senat Unram diisi dengan penyampaian orasi-orasi ilmiah oleh Prof. Ir. Ari Purbayanto, M.Sc., Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT; Dharma Syahputra, Direktur SDM PT. Kimia Farma Tbk; dan Prof. Ir. L. Wirasapta Karyadi, M.Si., Guru Besar Tetap Fakultas Pertanian Unram. Dan dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada para dosen berprestasi serta dosen yang telah menyelesaikan Pendidikan Program Spesialis dan Doktor.

Di akhir acara dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unram dengan PT. Kimia Farma Tbk, dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang terdiri dari jurusan Akutansi, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP); Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP); dan Fakultas Teknik dengan Pt. Kimia Farma Tbk.