Selasa, 16 April 2024
Perguruan Tinggi

Velicha Elenagaretha Ami, Gabungkan Arsitektur dan Karya Ilmiah

Velicha Elenagaretha Ami, Gabungkan Arsitektur dan Karya Ilmiah

Velicha Elenagaretha Ami bercita-cita menjadi arsitek yang mengulas beragam arsitektur di Indonesia. Untuk mewujudkannya, mahasiswi semester akhir Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang ini menggabungkan desain arsitektur dengan karya ilmiah. Yang terbaru, ia menjadi juara 1 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional yang diadakan oleh Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono.

Icha –sapaan akrabnya—mengaku, sejak kecil memang sudah mempunyai ketertarikan di bidang menggambar dan melukis. Ia juga hobi menulis dan sering mengikuti lomba karya ilmiah sejak duduk di bangku SMA. Berbagai penghargaan pun pernah diraihnya. Untuk menambah ilmu sesuai dengan minatnya, Icha mengambil jurusan arsitektur ketika kuliah.

Menurutnya, bidang arsitektur tidak hanya sebatas pada rumpun keilmuan tentang desain. Tetapi juga terkait dengan karya tulis. Kolaborasi kedua bidang ini harapannya bisa mengupas sisi lain dari arsitektur yang menarik, serta memberikan perspektif baru di dunia arsitektur, terutama untuk kalangan muda.

“Karena sejak kecil aku tertarik di bidang menggambar dan menulis. Akhirnya, masuklah ke jurusan arsitektur untuk menambah ilmu,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang saat ditemui di kampusnya.

Gadis 22 tahun ini mengatakan, risetnya hingga dapat menyabet juara adalah meneliti tentang mitigasi kebencanaan dalam tata ruang di Kabupaten Alor, NTT. Khususnya di desa adat, yakni Kampung Takpala. Untuk menyelesaikan risetnya, putri pasangan Ermawati dan Yustianus ini berkunjung langsung ke NTT selama tiga bulan. Namun ia hanya mempunyai waktu satu hari untuk melakukan riset di Kampung Takpala.

Dari sana, ia sadar akan keindahan arsitektur di Indonesia yang belum terjamah banyak orang. Meski daerahnya intens mengalami kebencanaan terutama gempa, pertumbuhan permukimannya berkembang pesat.

“Masih banyak arsitektur di Indonesia yang belum terekspos. Dari sini saya akan memperkenalkan arsitektur tersebut. Tidak hanya dalam bentuk desain, tetapi juga karya ilmiah,” katanya.

#https://radarsemarang.jawapos.com/features/sosok/2022/10/04/velicha-elenagaretha-ami-gabungkan-arsitektur-dan-karya-ilmiah/