Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Unpas Kukuhkan 4.689 Mahasiswa Baru, Rektor Tekankan Pentingnya Kemampuan Digital

Unpas Kukuhkan 4.689 Mahasiswa Baru, Rektor Tekankan Pentingnya Kemampuan Digital

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”56634″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Universitas Pasundan mengukuhkan 4.689 mahasiswa baru pada kegiatan PKKMB Daring tahun akademik 2022/2023 di Hotel Savoy Homann, Bandung, Selasa (4/10/2022).

Mengusung tema ‘Revitalisasi Semangat Mahasiswa Generasi Milenial Pasca Pandemi’, mahasiswa baru Unpas diharapkan mampu memiliki daya dan semangat untuk bangkit dan turut serta dalam pemulihan pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan dimensi lainnya.

Jumlah mahasiswa baru Unpas TA 2022/2023. (Foto: Rico B)

Mahasiswa juga diminta menjadi lokomotif dan memberikan sumbangsih nyata untuk memulihkan dan merevitalisasi kondisi bangsa. Langkah ini dimulai dengan deklarasi dan pemecahan rekor relawan mahasiswa anti narkoba terbanyak. untuk mewujudkan kampus bersinar.

Kontribusi Hadapi Bonus Demografi

Menghadapi bonus demografi, Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.SI., M.Kom., IPU menekankan kepada mahasiswa untuk membekali diri dengan kemampuan digital, karena pekerjaan di masa depan akan sangat membutuhkan peran generasi milenial yang paham digital.

“Sebagai pelaku pembelajar, mahasiswa Unpas harus jadi kontributor terbesar dalam menambah Gross Enrollment Ratio (GER) Indonesia. Mahasiswa Unpas juga mesti bisa membentuk ekosistem startup dan terlibat dalam transformasi digital,” tuturnya.

Ketua LLDIKTI Wilayah IV Dr. M. Samsuri, M.T., dalam sambutannya mengajak mahasiswa baru Unpas untuk turut menyukseskan program Kampus Merdeka. Program unggulan Kemendikbudristek ini membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan menciptakan SDM unggul.

“Perguruan tinggi juga berperan dalam mendukung keberlanjutan Kampus Merdeka. Perguruan tinggi harus sehat, terbuka, memperbanyak kerja sama mitra, prodi, dan dosen, serta menumbuhkan karakter mahasiswa yang mandiri,” jelasnya.

Penyematan selempang tanda pengukuhan mahasiswa baru TA 2022/2023. (Foto: Rico B)

Sementara itu, Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, M.Si. berpesan, mahasiswa baru Unpas harus menjadi garda terdepan bagi kejayaan Paguyuban Pasundan dan Unpas, serta didorong untuk punya kehirauan pada kaum kecil dan jadi pembelajar yang mencerminkan kejernihan nurani.

“Latihlah diri anda agar teruji, berkualitas, dan mampu menciptakan lapangan kerja karena tingkat pengangguran semakin tinggi. Selamat menyongsong hari-hari bahagia dan penuh perjuangan, jadilah insan pembawa damai,” pesannya.

Hadir mewakili Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Direktur Peran Serta Masyarakat Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNN Brigjen Pol. Richard M. Nainggolan memberikan arahan tentang pentingnya menggelorakan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di lingkungan kampus.

Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru

Ketua Panitia PKKMB yang juga Wakil Rektor III Unpas Dr. H. Deden Ramdan, M.Si. menyampaikan, tahun ini Unpas mengalami peningkatan jumlah mahasiswa baru sekitar 25 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Perwakilan mahasiswa dari tiap fakultas. (Foto: Rico B)

Menurutnya, capaian tersebut patut disyukuri lantaran dunia pendidikan tinggi belum sepenuhnya pulih dari pandemi. 

“Pencapaian ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan layanan. Kepuasan masyarakat harus jadi nafas dan kultur kami, kepercayaan orang tua yang menitipkan anak-anaknya di Unpas tidak boleh disia-siakan. Kami akan memaksimalkan layanan supaya soft skill mahasiswa dapat terasah,” tandasnya. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]