Jumat, 29 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Majukan Pariwisata dengan SDM Unggul, UPH Tingkatkan Kompetensi Praktisi Melalui Pendidikan Lanjut

Majukan Pariwisata dengan SDM Unggul, UPH Tingkatkan Kompetensi Praktisi Melalui Pendidikan Lanjut

Banyak perubahan yang terjadi pada industri pariwisata, seperti tren wisata, adanya kebutuhan baru dari wisatawan, penggunaan teknologi, dan hal-hal terkait lainnya. Keadaan ini memacu semakin tingginya kebutuhan akan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul pada industri pariwisata. Oleh karena itu para praktisi perlu untuk selalu up to date dengan ilmu pengetahuan sebagai bentuk dalam peningkatan kualitas dan kompetensi diri.

Melihat adanya kebutuhan tersebut, Fakultas Pariwisata (FPar) Universitas Pelita Harapan (UPH) berkomitmen untuk mendukung kemajuan pariwisata dengan menghadirkan pendidikan berkualitas terbaik melalui program Magister Pariwisata (MPar) dan D4 Pariwisata Kelas Karyawan (KK). Program tersebut akan meningkatkan kompetensi setiap praktisi sehingga siap menjadi SDM unggul dan berdampak. Komitmen ini disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Diena Mutiara Lemy, A.Par., M.M., CHE, selaku Dekan FPAR UPH kepada seluruh anggota dari berbagai Asosiasi Pariwisata yang tergabung di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), pada acara Exclusive Lunch yang dilaksanakan 28 September 2022 di Restaurant UPH, Gedung D Lantai 1, Lippo Village, Tangerang.

“Kami menyambut dengan senang dan antusias, kehadiran para anggota asosiasi pariwisata dari Kemenparekraf RI ke UPH. Ini merupakan kesempatan yang baik karena kami bisa menunjukkan secara langsung komitmen kami dalam memberikan pendidikan unggul. Para tamu undangan yang terhormat juga dapat langsung melihat beragam fasilitas terbaik yang UPH miliki. Kami berharap, kesempatan ini dapat menjadi langkah awal untuk bekerja sama dan memperkenalkan program Magister Pariwisata dan Kelas Karyawan yang dapat memperlengkapi para praktisi untuk meningkatkan kompetensi diri, mencapai karier terbaik, dan pada akhirnya mampu bersama-sama memajukan pariwisata,” sambut Prof. Diena.

Melalui kegiatan tersebut, FPar UPH memberikan kesempatan kepada seluruh praktisi yang hadir untuk bergabung di program MPar UPH. Melalui kurikulum unggul, MPar UPH menjadi tempat yang tepat bagi para praktisi untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang pengembangan dan perencanaan pariwisata, teknik penelitian, studi lintas budaya dan regional, serta pengembangan pariwisata berkelanjutan. Selain itu, para praktisi juga akan mendapatkan pengalaman studi interaktif untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan khusus terkait bisnis pariwisata melalui lokakarya berbasis industri dan studi lapangan.

Selain program magister, UPH juga menghadirkan program Kelas Karyawan (KK) untuk para karyawan di industri pariwisata yang mau meningkatkan kompetensi diri melalui pendidikan di D4 Pariwisata UPH. Kurikulum Program KK D4 Pariwisata dirancang eksklusif dan disesuaikan untuk mengakomodasi kebutuhan praktisi perhotelan dan pariwisata yang ingin memperluas wawasan, pengetahuan, serta keterampilan manajerial di bidang Perhotelan & Pariwisata. Proses pembelajaran dilakukan dengan metode Multi-Flexible (M-Flex) Learning yang terdiri dari metode pembelajaran aktif sinkron dan asinkron. Perkuliahan diselenggarakan pada sore hari untuk menargetkan para profesional yang ingin melanjutkan studi dengan tetap bekerja, tanpa perlu khawatir.

Menanggapi berbagai program dan kesempatan pendidikan yang ditawarkan UPH kepada para praktisi pariwisata, Dr. Femmy Indriany Dalimunthe, S.E., M. Si., CHE., CEE selaku Dosen Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan dan juga anggota Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (HILDIKTIPARI) menyambut positif dan melihat adanya peluang kerja sama antar UPH dengan institusi pariwisata di bawah HILDIKTIPARI dalam bidang pendidikan dan penelitian.

“Program ini sangat dibutuhkan untuk para praktisi seperti kami yang ingin mengambil kuliah lagi untuk memperdalam ilmu, apalagi dengan fasilitas terbaik yang disediakan di UPH dapat membantu mahasiswanya menerapkan pembelajaran dan melakukan praktik. Saya berharap, ke depannya akan ada juga kerja sama dengan UPH baik dalam bidang pendidikan, kesempatan magang, dan joint research,” ungkapnya.

UPH menyediakan berbagai program yang relevan dengan kebutuhan praktisi dan profesional bagi perkembangan SDM unggul di sektor pariwisata. UPH berkomitmen memberikan dukungan dalam kemajuan sektor pariwisata di Indonesia melalui pendidikan unggul di program Pasca Sarjana yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 tahun.

 

Fakultas Pariwisata UPH

Fakultas Pariwisata UPH terus berupaya memperlengkapi mahasiswa dan lulusannya untuk turut andil dalam pengembangan sektor pariwisata berkelanjutan melalui kurikulum yang holistis, fasilitas terbaik, dan juga program-program yang inovatif untuk mendorong mahasiswanya mampu menjadi ‘The Next Great Achiever!’ yang siap menjadi profesional unggul di bidang pariwisata Indonesia. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kompetensi diri, mari bergabung bersama UPH! Informasi lebih lanjut hubungi Student Consultants 0812-8535-2278 (Program Pascasarjana) dan dapat mendaftar di sini atau 0812-8486-3894 (Program Kelas Karyawan) atau langsung daftar di sini.