Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Wujudkan Ksatria Sejati, MAN 1 Kota Madiun Gelar PTA

Wujudkan Ksatria Sejati, MAN 1 Kota Madiun Gelar PTA

Kota Madiun (MAN 1) – Dengan mendidik adik-adik menjadi seorang Pramuka yang berpengetahuan luas dan mempunyai semangat berkembang tanpa batas waktu khususnya di bidang pramuka, Pramuka MAN 1 Kota Madiun laksanakan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Penegak Gudep 02.095-02.096.

Sebanyak 175 siswa kelas X mengikuti kegiatan PTA yang digelar selama 3 hari mulai Jumat-Minggu (9 s.d 11 September) bertempat di Bumi Perkemahan Waduk Bening Widas Saradan Madiun.

Kamabigus yang memimpin upacara pembukaan mengatakan, “Pramuka merupakan kegiatan di luar sekolah yang bertujuan membentuk karakter disiplin, jujur, terampil, amanah dan mandiri serta memiliki jiwa dan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Dasa Dharma Pramuka.”

Diterangkan lagi olehnya akan nilai positif dari kegiatan ini, yaitu dengan berusaha mandiri menghadapi segala permasalahan yang terjadi saat perkemahan berlangsung. Bila hal ini bisa dilakukan, jiwa ksatria akan terbentuk pada jiwa anak-anak.

Dan pada kegiatan ini, anak-anak mengikuti berbagai kegiatan seperti penjelajahan yang diikuti 8 regu putra dan 8 repu putri dan setiap regu harus bisa menyelesaikan tantangan di 3 pos yang telah disiapkan. Kemudian lomba kreasi masak, permainan dan di malam hari diadakan api unggun dan pentas seni yang menampilkan kreatifitas kesenian dari masing-masing regu. Tak lupa segenap panitia dan peserta senantiasa laksanakan ibadah sholat 5 waktu dengan berjamaah.

Pada hari terakhir perkemahan, kegiatan ditutup dengan upacara sekaligus pengumuman juara pada masing-masing lomba. (KA/da)

ed:ev