Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

FAI UAD Selenggarakan Short Course Internasional tentang Studi Islam Pascapandemi

FAI UAD Selenggarakan Short Course Internasional tentang Studi Islam Pascapandemi

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar short course internasional (Foto: Istimewa)

Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar short course internasional dengan tajuk “Issues on Islamic Studies Post Pandemic” pada 3‒8 Oktober 2022. Kegiatan ini dihelat melalui kerja sama dengan Kolej Universiti Islam Antarbangsa Selangor (KUIS) Malaysia sebagai partner dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara seperti Brunei Darussalam, Mesir, Malaysia, dan Indonesia.

Acara pembukaan digelar secara resmi pada Senin, 03-10-2022, selanjutnya, course akan dilaksanakan secara daring selama satu minggu. Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UAD dalam sambutannya menjelaskan bahwa salah satu karakteristik ajaran Islam yang mulia adalah komprehensif atau syumuli.

“Islam adalah agama yang komplet dan universal karena menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan manusia, baik yang bersifat fisik, emosional, dan psikologis. Karena sifatnya yang syumuli tersebut, solusi ini juga tersedia pada saat umat Islam menghadapi pandemi Covid-19,” ungkap Rusydi.

Perubahan signifikan sebagai dampak dari pandemi Covid-19 memang menjadi latar belakang utama diselenggarakannya short course tersebut. Berbagai sektor mulai dari ekonomi, pendidikan, budaya, dan kehidupan beragama harus ikut beradaptasi dengan kondisi yang ada. Banyak isu baru muncul untuk dikaji, baik oleh para akademisi maupun tokoh agama. Berbagai perspektif mulai dari budaya, agama, dan lainnya akan terus mengemuka sebagai respons atas permasalahan tersebut.

Course juga menawarkan beberapa subtema kajian sesuai dengan disiplin keilmuan utama yang ada di FAI UAD, yaitu Ilmu Hadis, Sastra Arab, Perbankan Syariah, dan Pendidikan Agama Islam. Subtema yang disajikan adalah Arabic Issues during and after Pandemic, Hadith Studies during and after Pandemic, The Use of Media in Islamic Education during and after Pandemic, Prospect and Challenge of Islamic Finance during and after Pandemic, dan Building Organizational System on Educational Institution.

Sebagai program yang baru kali pertama diselenggarakan, banyak pihak berharap kegiatan ini bisa rutin diadakan setiap tahun. Dwi Santoso, Ph.D. selaku Kepala Kantor Kerja Sama Urusan Internasional (KKUI) UAD juga menyatakan hal selaras bahwa semoga short course itu bisa dilaksanakan secara luring di tahun-tahun berikutnya. (tsa)

uad.ac.id