Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Belajar Bersama Chef Noormans Hotel Semarang

Belajar Bersama Chef Noormans Hotel Semarang

Magelang – Kedatangan guru tamu program Keahlian Kuliner di Laboratorium Kuliner Kampus 2 SMK Muhammadiyah Salaman ini dilaksanakan pada Selasa pagi (4/10) pukul 09.00 WIB sampai selesai. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas XII Tata Boga SMK Muhammadiyah Salaman. Peserta didik yang mengikuti sejumlah 40 peserta didik.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari ibu Nina Inayah S.pd.. “Sebelum memulai kegiatan praktik bersama guru tamu, perkenalkan dulu beliau adalah Chef Andreas Indra Herlambang. Dan beliau ini merupakan Executive Chef Noormans Hotel. Beliau biasa dipanggil dengan Chef Andreas. Mungkin di antara kalian ada yang sudah cukup familiar dengan beliau karena beliau ini sudah 2 kali menguji uji kompetensi kakak kelas kalian dulu dan semoga beliau bersedia hadir lagi untuk menguji kalian.” Begitulah sambutan dari ibu Nina Inayah S.pd. selaku guru Tata Boga pada acara hari ini (4/10).

Setelah sambutan dari bu Nina, kegiatan dilanjutkan oleh Chef Andreas Indra Herlambang memberikan materi kepada siswa-siswi kelas 12 Tata Boga. Guru Tamu tersebut mengawali sesi kegiatan dengan melakukan tanya jawab. Selanjutnya, Cheft yang pernah menjadi penguji UKK Kompetensi Tata Boga SMK Muhammadiyah Salaman ini memberikan motivasi. Beliau juga menceritakan latar belakangnya yang dulunya berasal dari orang kelas menengah ke bawah. Baginya pekerjaan menjadi chef adalah pekerjaan yang menjanjikan dan penuh tantangan.

Kemudian Chef Andreas mengajarkan proses pembuatan spinach chicken roll. Beliau menjelaskan terlebih dahulu filosofi makanan yang akan dibuat. Selanjutnya, Chef yang tinggal di Yogja ini menjelaskan bahan dan alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatannya. Beliau juga selalu mengingatkan kebersihan dan keamanan saat berada di dapur.

Kontributor : Kesyalia Lita (XI KL) dan Praba Gantari. W. (XI DKV 3)

Fotografer : Dzakiyati Inayah (XI KL)