Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Perayaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Perayaan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

   Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.P5 dalam kurikulum merdeka adalah projek penguatan profil pelajar pancasila,projek ini merupakan bagian dari kurikulum merdeka.

    P5 adalah proyek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan indonesia.P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif.Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat,mandiri dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila dan di program P5 ini mendukung Visi tersebut.

    Di SMAN 10 Purworejo melaksanakan progam P5 dengan mengambil tema Bhineka tunggal ika .kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 september-30 September 2022.

Dimulai dari pembagian kelompok dari masing masing kelas menjadi 6 kelompok yang setiap kelompok terdiri dari 6 orang siswa.dikarenakan

tema yang diambil adalah bhineka tunggal ika maka kelompok tersebut membahas tentang berbagai macam suku yang ada di Indonesia.

     Setiap kelompok dibimbing oleh 1 bapak Ibu guru yang membantu dalam penyusunan materi dan perayaan yang akan dilaksanakan.

Tanggal 19 september peserta didik memulai dengan membuat PPT tentang masing masing suku yang sudah diundi oleh fasilitator.kemudian diminggu berikutnya dari kelompok tersebut mempresentasikan hasil kerja kelompok didepan semua kelas X dan bapak ibu pembimbing.didalam presentasi disampaikan tentang sejarah dari suku yang diusung dan keberagaman suku.kemudian pada hari kamis 29 september diadakan perayaan yang dilaksanakan dilapangan SMAN 10 Purworejo serta di tgl 30 september adalah evaluasi dari kegiatan P5 tersebut.para siswa menampilkan banyak sekali kreasi dari mulai pakaian adat,tarian adat,makanan khas,dan lagu daerah masing masing.