Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Dasar

Webinar Edukasi Literasi Aku Senang Menulis

Webinar Edukasi Literasi Aku Senang Menulis

Oleh: Evrita Nurdiana Anggitasari, S.Pd., 1 Oktober 2022, 16.13 WIB

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Kegiatan Webinar Edukasi Literasi Aku Senang Menulis SD Islam Hidayatullah dilaksanakan pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Webinar tersebut melibatkan siswa kelas 1–6 melalui zoom dan live streaming youtube. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30–09.00 WIB dengan pembicara Kak Dian Nafiatul Awaliya S.T., penulis buku nasional, dan dipandu oleh Bu Lilis serta Bu Rini.

Kegiatan dibuka dengan membaca bismillah bersama-sama. Dilanjutkan dengan pembacaan tahfiz, dipimpin oleh Kak Rifki Muhammad Azzami kelas 5C (membaca surat Al-Insyiroh) dan Kak Emeraldo Takdir Aroya 3B (membaca surat Al-Qodr). Selanjutnya, sambutan dari Kepala Sekolah SD Islam Hidayatullah Semarang, yaitu Ibu Robi’ah Peni Raharjanti, S.Si.

Tujuan dari webinar ini untuk membangkitkan kembali semangat siswa dalam membaca dan menulis. Selain itu, webinar edukasi literasi ini untuk memantik siswa dalam menuangkan ide dalam tulisan dan melatih keterampilan menulis.

Kak Dian menuturkan 5 resep menulis untuk siswa SD Islam Hidayatullah, yaitu:

  1. Banyak baca
  2. Banyak tulis
  3. Banyak experience
  4. Banyak belajar
  5. Brainstorming

Beliau menambahkan, memulai menulis tidak perlu takut salah, tuangkan ide permasalahan yang ditemui dengan menulis kalimat pertama dan bertekad menyelesaikan, baca lagi dan tingkatkan tulisan dengan pilihan kata yang tepat, serta sebisa mungkin menulis dengan “sekali duduk” yaitu menulis sampai tuntas.

Insyaallah, anak-anak antusias dengan siap untuk menjadi anak saleh salihah dan senang berliterasi. آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

SEMANGAT BACA TULIS!
SALAM LITERASI!