Kamis, 25 April 2024
Perguruan Tinggi

Bangun Interaksi Mahasiswa Baru, PKKMB Fakultas Kembali Digelar Luring

Bangun Interaksi Mahasiswa Baru, PKKMB Fakultas Kembali Digelar Luring

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”56653″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Usai mengikuti PKKMB tingkat universitas secara hybrid di Hotel Savoy Homann, Selasa (4/10/2022), mahasiswa baru Universitas Pasundan TA 2022/2023 melanjutkan rangkaian PKKMB di lingkungan fakultas.

PKKMB digelar serentak di enam fakultas, Rabu-Kamis, 5-6 Oktober 2022. Mayoritas fakultas menerapkan sistem PKKMB luring 100 persen, namun ada juga yang hybrid. Fakultas Kedokteran (FK) sudah lebih dulu melaksanakan program orientasi Be Ready as Intelligent Medical Student (BRAIN) pada 6 September lalu.

“Di tingkat fakultas, mahasiswa baru memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai kehidupan kampus, seperti pengenalan fungsionaris fakultas, mekanisme dan sistem akademik fakultas, sarana, prasarana dan keuangan fakultas, kemahasiswaan fakultas, selayang pandang prodi, hingga lembaga kemahasiswaan di bawah fakultas dan prodi,” ujar Wakil Rektor III Unpas Dr. H. Deden Ramdan, M.Si.

Fakultas Hukum

PKKMB “Retorika” Fakultas Hukum. (Reta)

PKKMB “Retorika” Fakultas Hukum Unpas dilaksanakan hybrid dan diisi dengan kegiatan seru seperti rally kampus (sosialisasi lembaga dan unit minat bakat), snack time untuk menjalin keakraban satu sama lain, pembuatan dan pembacaan surat cinta dari mahasiswa baru untuk panitia PKKMB, penyematan dan pengukuhan Abah Ambu FH Unpas angkatan 2022, pengenalan civitas akademika, dan diskusi panel “Kewajiban Mahasiswa dalam Mencintai Tanah Air”.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

PKKMB “Evolve” FISIP hari pertama. (Ist)

PKKMB “Evolve” FISIP Unpas dibagi menjadi 2 sesi. Hari pertama digelar online di Aula Suradiredja Kampus Lengkong dan lebih fokus pada pengenalan civitas akademika fakultas. Sementara hari kedua digelar di Balai Sartika Bikasoga dengan agenda pengenalan prodi, Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, Badan Penerbitan Pers Mahasiswa, dan Dewan Kemakmuran Masjid Ulul Abshor.

Mahasiswa baru juga disuguhi hiburan wayang golek, dream sharing, penampilan guest star Club Dangdut Racun, pengenalan komunitas di lingkungan FISIP Unpas (Pasundan Radio, ONCAM, Viking Unpas, Djamur, Riverside, Komunitas Foto Lengkong, Komunitas Musik FISIP), serta sosialisasi KPUM dan partai.

Fakultas Teknik

PKKMB “Gapura” FT Unpas. (Reta)

PKKMB “Gapura” FT Unpas juga digelar 100 persen luring di area parkir tengah Unpas Setiabudhi. Sebanyak 644 mahasiswa kembali berkumpul dan meramaikan suasana PKKMB FT Unpas dengan nuansa oranye. 

Mahasiswa baru berkesempatan mendapatkan materi dari startup Satu Persen – Indonesian Life School, kuliah umum bersama Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, dan diskusi kebudayaan dengan Pidi Baiq/Budi Dalton.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

PKKMB Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (Ist)

Dibuka dengan suguhan tari Rampak Kendang dan penyematan Abah Ambu, PKKMB FEB Unpas memberikan banyak materi yang bermanfaat bagi mahasiswa baru. Mulai dari selayang pandang FEB Unpas, pengenalan kelas internasional, dan sosialisasi lembaga kemahasiswaan FEB Unpas.

Di hari kedua, mahasiswa baru FEB Unpas mendapatkan materi yang tak kalah menarik, yaitu optimalisasi peran fungsi mahasiswa dalam bermasyarakat, pioneering entrepreneurial spirit in facing the Indonesia’s post pandemic era, generasi milenial tumpuan transformasi digital demi mendorong pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia, dan  eskalasi kualitas diri guna membentuk generasi ekonom yang memiliki kecerdasan dan karakter pemimpin oleh Atalia Praratya.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Penyematan tanda mahasiswa PKKMB “Mangraga” FKIP Unpas. (Ist)

PKKMB “Mangraga” FKIP Unpas berupaya menanamkan nilai-nilai kesundaan dan keislaman serta karakter pengkuh agamana, luhung elmuna, dan jembar budayana. Atmosfer kebudayaan khususnya, sangat kentara dari iket Sunda dan aksesori batik yang dikenakan mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan diawali penyematan tanda peserta kepada perwakilan mahasiswa dari 6 prodi, dilanjutkan dengan pemaparan materi seputar ruang lingkup fakultas dan keguruan.

Fakultas Ilmu Seni dan Sastra

PKKMB Fakultas Ilmu Seni dan Sastra. (Reta)

Meski daring, PKKMB FISS Unpas tetap menonjolkan ciri khas nyentrik dan nyeni. Perwakilan mahasiswa wajib mengenakan kostum yang identik dengan prodi masing-masing. Prodi Sastra Inggris menggunakan kostum sastrawan, prodi DKV kostum Ngumbara, prodi Seni Musik kostum Rock n Roll 70’s, prodi Fotografi dan Film memakai atasan biru dan bawahan hitam, serta membawa kamera yang terbuat dari kardus.

Fakultas Kedokteran

PKKMB BRAIN FK Unpas. (Ist)

Sebagai fakultas bungsu, FK Unpas mampu menghadirkan PKKMB fakultas yang berkesan. PKKMB “BRAIN” FK Unpas yang berlangsung selama 4 hari membekali mahasiswa dengan materi seputar tips dan peran mahasiswa kedokteran, cara mengasah soft skill, pengenalan skills lab, sosialisasi Abah Ambu, kegiatan tutorial, dan praktik di lab. (Reta)**[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]