Rabu, 24 April 2024
Perguruan Tinggi

Komitmen UMJ Menuju Unggul

Komitmen UMJ Menuju Unggul

Selasa (04/10), Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Dr. Ma’mun Murod, M.Si., bersama Warek I Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kep., Warek II Dr. Ir. Mutmainah, MM., Warek III Dr. Rini Fatma Kartika, MH., dan Warek IV Dr. Septa Candra, MH., melakukan pertemuan dengan Pimpinan Fakultas Ilmu Keperawatan dan Fakultas Teknik UMJ di Cempaka Putih. Selain itu dalam hal pemeringkatan media online, hadir pula Kepala Kantor Sekretariat UMJ (KSU) Tria Patrianti, M.I.Kom., dan Kepala Pusat Data dan Informasi UMJ Taufiqurrochman, M.Kom.

Pertemuan dengan Pimpinan FT UMJ mengawali rangkaian pertemuan yang diagendakan untuk silaturrahim dan membahas strategi dalam rangka meingkatkan peringkat media online yang dimiliki UMJ. Bertempat di Ruang Rapat FT UMJ, Cempaka Putih, Dekan FT beserta para Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Sekrertaris Program Studi, dan Kepala setiap Unit Fakultas, menyambut kehadiran Pimpinan Universitas. Pada kesempatan tersebut, Rektor UMJ, Ma’mun Murod menyampaikan tentang kinerja dan progres yang telah dicapai oleh UMJ secara umum. Kinerja tersebut meliputi bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan penunjang pada Tahun Akademik 2021-2022.

Ma’mun tidak hanya menekankan pada kuantitas mahasiswa baru, perencanaan dan pengelolaan promosi, tapi juga kualitas informasi melalui media baru dan sebagainya. Jumlah pendaftaran mahasiswa baru yang meningkat menjadi indicator penting bahwa masyarakat menaruh kepecayaan terhadap UMJ. Namun begitu, Menurut Ma’mun, pencapaian tersebut harus diiringi dengan inovasi dan peningkatan kualitas di setiap sisi. Beasiswa internasional, pemeringkatan webometric, hingga peningkatan jenjang pendidikan dosen dapat mendorong UMJ untuk meraih unggul.

Kunjungan Rektor ke FIK UMJ, Ruang Rapat FIK UMJ (Kampus B), Selasa (04/10).

Lebih lanjut, Ma’mun juga menyampaikan beberapa strategi yang dinilai cukup berhasil dan perlu dimaksimalkan untuk tahun akademik baru. Menurutnya kerja sama dengan SMA/SMK/se-derajat, khususnya sekolah-sekolah Muhammadiyah, cukup memberikan pengaruh positif pada kepercayaan publik terhadap UMJ.

“Capaian yang sudah bagus, itu harus ditingkatkan. Kita (Pimpinan Universitas dan Fakultas) sudah bersepakat bahwa dalam hal akreditasi harus unggul. Termasuk dalam perankingan harus serius. Maka segala hal yg berkaitan dengan ini harus ditopang secara serius,” tegas Ma’mun menyatakan komitmen UMJ dalam meraih predikat Unggul.

Selain Rektor, para Wakil Rektor UMJ juga menyampaikan hasil kinerja civitas akademika UMJ selama tahun akademika 2021-2022. Wakil Rektor II Mutmainah yang membidangi Sumber Daya Manusia dan Umum menyampaikan terkait sentralisasi akademik dan keuangan. Mutmainah juga mengapresiasi kinerja dosen selama satu tahun akademik ke belakang.

Sementara itu, Kepala KSU Tria Patrianti menjelaskan bahwa dari segi media digital, pemeringkatan perguruan tinggi dilakukan melalui webometrics. Dalam hal ini ada beberapa indikator yang harus dicapai untuk meraih pemeringkatan yang baik. Tria juga mengajak seluruh civitas akademika fakultas untuk bersinergi.

Pertemuan ini menjadi ruang diskusi dan bertukar pikiran antara Pimpinan Universitas dan Pimpinan Fakultas. Dekan FT UMJ, Irfan Purnawan, ST., M.Chem.Eng., menyampaikan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas, di antaranya jurnal, repository dan perpustakaan, juga yang berkaitan dengan media digital. (DN/KSU)