Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Gelar Karya Siswa SMK Negeri 11 Semarang Tahun 2022

Gelar Karya Siswa SMK Negeri 11 Semarang Tahun 2022

SMK Negeri 11 Semarang mengadakan Gelar Karya siswa sebagai wujud implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada selasa (4/10/2022) di area Taman Joglo SMK Negeri 11 Semarang. Kegiatan gelar karya ini diikuti seluruh siswa dari jurusan PPLG, DKV, Animasi, dan kelas industri dari jurusan DKV.

Gelar Karya Siswa ini sangat meriah pelaksanaannya karena bertepatan dengan kedatangan orang tua siswa dalam rangka pengambilan rapor nilai tengah semester dan sekaligus menyaksikan hasil karya putra-putrinya. Kegiatan gelar karya siswa ini menampilkan berbagai kompetensi berupa portofolio siswa, produk keunggulan, produk kreatif kewirausahaan dan penampilan seni musik siswa.

Dalam pelaksanaan gelar karya ini dihadiri 12 mahasiswa dari UNNES yang telah mengakhiri masa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 11 Semarang. Selama tiga bulan kakak-kakak mahasiswa telah mendampingi dan memberikan ilmu dalam menyelesaikan projek kepada siswa, pada kesempatan gelar karya siswa ini kakak mahasiswa juga menampilkan karya puisi dan performance art.

Pelaksanaan gelar karya ini sekaligus dapat dijadikan wadah bagi siswa sesuai kompetensinya untuk menampilkan dan menawarkan produk yang telah dihasilkan dari berbagai kompetensi keahlian diantaranya :

  1. Kompetensi Keahlian PPLG menampilkan karya 20 game android oleh siswa kelas X
  2. Kompetensi Keahlian Teknik Grafika menawarkan berbagai produk seperti kaos, hoody, tas belanja, paper bag, berbagai buku, pin, gantungan kunci, sendal, dan mug.
  3. Kompetensi Keahlian Multimedia menawarkan totebag dan pouch KPOP.
  4. Kompetensi Keahlian Animasi menampilkan karya film animasi, ilustrasi manual, digital drawing, animasi tradisional (Zeotrop & Praksinostrop), printing media canvas, dan merchandise (kaos, mug, totebag).
  5. Kompetensi Keahlian DKV menampilkan karya tipografi, nirmana, pointiliss, sein system, fotografi, digital art, WPAP, dan kelas industri yang menampilkan desain packaging, amplop, kartu nama, social media marketting.

Drs. Luluk Wibowo, S.ST., M.T. selaku Kepala SMK Negeri 11 Semarang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan seluruh siswa yang sudah mempersiapkan kegiatan gelar karya siswa ini sehingga dapat berjalan dengan baik, gelar karya siswa ini dilaksanakan sebagai penilaian atas projek yang sudah dihasilkan siswa serta sebagai evaluasi pembelajaran yang telah dilaksanakan selama kurang lebih setengah semester.

Penulis : Royan