Kamis, 28 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

POJOK AGENDA – SMK MARSUDIRINI TURUT SEMARAKKAN PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

POJOK AGENDA – SMK MARSUDIRINI TURUT SEMARAKKAN PERINGATAN HARI BATIK NASIONAL

SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta
Turut Semarakkan Peringatan Hari Batik Nasional 2022
“Solo Membatik Dunia”

2 Oktober 2022
‘Batik bukan sekedar sandang, ia mahakarya sarat simbol. Sebuah daur hidup manusia dari kelahiran hingga kematian.’

Sebagai salah satu satuan pendidikan di kota budaya, Kota Surakarta, SMK Marsudirini Marganingsih Surakarta didaulat untuk turut menyemarakkan peringatan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2022 “Solo Membatik Dunia” khususnya pada event ‘Parade Berkebaya Bersama Ibu Negara’ yang mengambil lokasi di sepanjang jalan Slamet Riyadi dengan spot utama Loji Gandrung serta House of Danar Hadi. Mereka mengenakan busana kebaya dengan tetap menonjolkan motif batik yang anggun. Para siswi turut berparade bersama Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo. Tentu hal ini merupakan momen yang membanggakan dan tak terlupakan. Peristiwa ini juga sebagai deklarasi para kaum muda untuk berpartisipasi aktif melestarikan busana daerah asli Jawa dan batik.

Batik adalah warisan bersejarah yang telah diakui dunia. Batik sendiri diartikan sebagai ngambat titik atau rambataning titik-titik. Batik Surakarta memiliki ciri khas berwarna putih kecoklatan atau berwarna krem. “Teknik, simbolisme, dan budaya yang terkandung dalam batik di Indonesia telah menemani kehidupan masyarakat sejak awal hingga akhir, kain batik digunakan ketika kelahiran bayi, hingga kain batik digunakan untuk penutup jenazah. Hal itulah yang membuat batik di Indonesia ditetapkan sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity” dikutip dari UNESCO.

Mari, kita semua sebagai masyarakat Indonesia bangga ‘berbatik’ dan setia bersama-sama melestarikan serta menjaga batik.

#Selamat Hari Batik Nasional.
#SMK Marsudirini Cakap Berbudaya!
#BanggaMengenakanBatikIndonesia

Ide tulisan oleh : Ibu Kristiana Firdausi, S.Pd — Developed By: Marganingsih WebDev Crew