Jumat, 19 April 2024
Perguruan Tinggi

800 Peserta Ikuti Program PreUniversity UI dan Peroleh Creadit Earning Jika Masuk UI

800 Peserta Ikuti Program PreUniversity UI dan Peroleh Creadit Earning Jika Masuk UI

Universitas Indonesia (UI) meluncurkan program Pre-University (Pre-U) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA/SMK, peserta umum jenjang S1/S2 atau lulusan SMA yang dalam masa tunggu, yakni gap year yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya. Program Pre-U bertujuan agar peserta memahami program studi (prodi) yang akan dipilih kelak saat kuliah di UI, melalui Mata Kuliah (MK) Pre-U yang diambilnya.

Program Pre-U digagas oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Center for Independent Learning (CIL) UI, dan Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) UI, diluncurkan pada Agustus 2022. “Sejak program Pre-U dibuka, respon calon peserta sangat antusias dengan adanya program Pre-U ini. Total sekitar 800 peserta yang saat ini sedang mengikuti program tersebut,” ujar Direktur CIL UI, F. Astha Ekadiyanto, S.T., M.Sc.

Peserta program Pre-U dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara online melalui Center For Independent Learning (CIL) UI dan mengumpulkan mikro-kredensialnya. Pendaftaran dibuka tergantung dari mata kuliah yang ditawarkan dan wajib memenuhi 16 pekan atau 14 topik. Semua peserta bisa mengikuti program Pre-U dengan catatan program ini hanya bisa di-credit earning-kan pada jenjang siswa sekolah seperti SMA/SMK dan lulusan S1.

Peserta Pre-U yang telah mengumpulkan mikro-kredensialnya hingga maksimal 3 tahun dapat mengikuti seleksi masuk UI ke program studi yang diminati. Ketika diterima sebagai mahasiswa UI, maka akan memperoleh pengakuan atas mikro-kredensialnya melalui sistem credit earning/Satuan Kredit Semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya.

Credit earning adalah SKS yang menjadi tabungan peserta program Pre-U sehingga saat diterima berkuliah di UI tidak perlu mengambil MK yang sudah ditawarkan di Pre-U. Misalnya, peserta mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dari Fakultas Psikologi dengan bobot SKS 3,” ujar Astha. Ia menambahkan, peserta tersebut lulus Pre-U dan diterima berkuliah di F. Psi UI melalui jalur apa pun (SNMPTN/ SBMPTN/ mandiri/), dan karena ia sudah mengambil MK Pre-U Penulisan Ilmiah dan lulus, maka ia tidak perlu mengambil MK penulisan ilmiah lagi saat menjadi mahasiswa F. Psi UI, dan ini berlaku untuk mata kuliah Pre-U lainnya yang telah ditabung. “Mata kuliah Pre-U yang ditawarkan melalui CIL UI akan terus bertambah, sehingga total SKS yang ditabung mencapai hingga 50% dari total SKS yang yang menjadi syarat kelulusan program studinya,” kata Astha.

Adapun tata cara untuk mengikuti Pre-U Program University, yaitu (1) Calon peserta mengunjungi website CIL untuk melihat informasi terkait pendaftaran Pre- U melalui laman https://cil.ui.ac.id/ ; (2) Pada website CIL, calon peserta bisa mendapatkan informasi berupa daftar mata kuliah yang tersedia sebagai mata kuliah Pre-U (Mata Kuliah Pre-U diawali dengan kata Pre-U sebelum judul mata kuliah) https://cil.ui.ac.id/marketplace/ ; (3) Calon peserta mengunduh dan mengisi berkas kesanggupan mengikuti program Pre-U yang terdapat di tajuk/headline website CIL (Surat tersebut hanya bisa ditujukan untuk program Pre – U); (4) Calon peserta mendaftar di website ILISt dengan cara klik tombol daftar di sebelah tombol “Download surat penyelenggaraan Pre-U”; (5) Pada saat calon peserta mengklik tombol daftar, calon peserta akan memasuki website CIL https://cil.ui.ac.id/marketplace/login kemudian, lakukan pembuatan akun ILISt dengan ‘Daftar Sebagai Mahasiswa Non-UI’.

Langkah selanjutnya adalah, (6) calon peserta mengisikan nama, alamat email, password, nama Universitas/PT (untuk nama universitas/PT mohon untuk memilih _Umum_(Non- Mahasiswa)) dan klik buat akun; (7) Setelah membuat akun, calon peserta bisa langsung melakukan login dengan akun yang telah dibuat; (8) Untuk melakukan pendaftaran program Pre-U, calon peserta perlu mengisikan info profil terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendaftar sebagai peserta dari program Pre-U; (9) Setelah calon peserta mengisikan info profil, klik program MBKM UI yang terdapat pada sebelah kiri, kemudian klik pada menu bagian ‘Pertukaran Mahasiswa’ untuk melakukan pendaftaran Mata Kuliah Pre-U.

Pada saat melakukan pendaftaran Mata Kuliah Pre-U, dimohon untuk mengunggah berkas pendaftaran Pre-U yang sebelumnya sudah diisi lalu klik kirim berkas pendaftaran. Jika peserta sudah melakukan pendaftaran sebagai peserta Mata Kuliah Pre-U, CIL UI akan memberikan akun idols.ui.ac.id sebagai kelas pembelajaran Pre-U. Informasi selengkapnya mengenai program Pre-U silakan kunjungi website CIL pada tautan cil.ui.ac.id dan Instagram cil @ui.cil.