Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Cek, Cara Buat Surat Lamaran yang Benar!

Cek, Cara Buat Surat Lamaran yang Benar!

Magelang – Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Muhammadiyah Salaman mengadakan kegiatan guru tamu elemen “Prosedur Pengadaan Pegawai” (28/9). Salah satu materi Prosedur Pengadaan Pegawai adalah pembuatan surat lamaran pekerjaan. Oleh karena itu, Program keahlian MPLB mendatangkan guru tamu dari Dudika. Guru Tamu yang hadir dari Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Bapak Alit Purwa Arintaka. Tujuan diadakan acara tersebut untuk memberi gambaran peserta didik kelas XII pada saat melamar kerja.

Pada kesempatan tersebut, beliau memberikan materi cara membuat CV (Curriculum Vitae) dan lamaran kerja yang benar. “CV adalah gambaran diri Anda, jadi jika Anda melamar kerja Anda harus tahu langkah-langkah membuat CV dan surat lamaran kerja yang benar,” terang HRD Grand Artos Hotel & Convention Magelang itu. Selanjutnya, beliau menjelaskan langkah-langkah membuat CV yaitu:

  1. Menuliskan Informasi Pribadi

Informasi pribadi berupa Gambaran diri Anda, nama lengkap, alamat tempat tinggal/domisili, tinggi dan berat badan namun bersifat opsional, status pernikahan, nomor telepon yang bisa dihubungi.

  1. Menuliskan Informasi Pendidikan

Informasi Pendidikan berupa Pendidikan dari yang terakhir, pendidikan formal dan informal.

  1. Menuliskan Informasi pengalaman kerja

Informasi pengajaman kerja perlu dicantumkan agar perusahaan yang akan menerima Anda mengetahui kemampuan Anda. Informasi itu berupa t empat kerja, lama bekerja,job desk di tempat itu,prestasi selama kerja.

“Jadi, membuat CV dapat disimpulkan bahwa isi CV yang terpenting adalah gambaran diri Anda tergambar” ujar Bapak Alit. “CV harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar,CV adalah hal pertama yang dilihat dari perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan.”


Menurutnya, keberadaan CV sangatlah krusial. Hal tersebut karena lewat CV itulah perusahaan mendapat kesan pertama mengenai kita. Adapun perbedaan halaman surat lamaran kerja dan CV adalah sebagai berikut. Surat lamaran kerja tidak boleh lebih dari satu lembar sedangkan CV sangat boleh lebih dari 1 lembar tetapi tidak boleh lebih dari 3 halaman (dengan ukuran font yang normal).


Tulisan dan Amplop harus Rapi

Tulisan yang baik dengan format yang rapi akan memberikan kesan bahwa kita adalah calon pekerja yang cermat dan baik, kerapian dan kebersihan menjadi hal yang paling utama pada saat anda menulis pada amplop lamaran.

Selain itu, amplop yang digunakan tidak boleh kusam dan berlipat lipat. Kerapian akan mewakili bagaimana karakter diri kita sebagai pelamar. Hal ini bertujuan untuk memberi kesan yang positif bagi perusahaan ketika awal mula menilai kita. Untuk kerapian dan kebersihan yang dilakukan. Lebih baik, sebelum CV dikirimkan, sebaiknya dicek ulang kembali jangan sampai ada yang typo (salah ketik).

Batasan Usia Kerja

Bapak Alit juga menyampaikan mengenai batasan usia kerja,untuk level operator maksimala 24 tahun, level senior/superviser 24-28 tahun, adan 28-33 tahun,  dilanak superviser, 33 tahun-ke atas asisten manager dsb.


Di dunia usaha ada 2, dari jabatannya naik dan levelnya naik. Di magelang ini biasanya administrasi staf dan senior jika naik menjadi sekertaris manager ataupun sekertaris direktur.

Tanggapan positif diungkapkan oleh salah satu peserta didik. “Dengan kegiatan pertemuan ini, jadi bisa menambah ilmu yang sangat bermanfaat dan pengetahuan bagaimana cara membuat CV dan surat lamaran kerja yang benar. Kami bisa belajar tentang CV. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk ke depannya untuk melamar pekerjaan. kami jadi tahu seperti apa struktur pembuatan CV dari awal sampai akhir, dan surat lamaran kerja. Jika surat lamaran kerja dibuatnya tidak menarik pasti akan digeser langsung oleh HRD. Jadi dengan kegiatan tadi kita jadi tahu cara membuat CV dan surat lamaran kerja yang benar” ujar Zuli Astuti XII OTKP 2.

Kontributor     : Arviana Setyowati (XI MPLB 3 dan Nayzila Rahmadhani (XI MPLB 3)
Fotografer       : Maulana Yusuf (X DKV 3)