Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pertama Kali Digelar, Siswa Antusias Ikuti Kirab Gunungan

Pertama Kali Digelar, Siswa Antusias Ikuti Kirab Gunungan

SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN— Para guru dan siswa-siswi menggelar kirab gunungan pada hari Kamis, 6 Oktober 2022. Kirab gunungan yang berisi aneka sayuran dan buah-buahan seperti kacang panjang, sawi, terong, wortel, nanas, tomat, cabai merah, dan bayam. Selain sayur dan buah-buahan ada pula snack jajanan. Kesemuanya itu dirangkai dalam bentuk gunungan dan dikirab dengan tajuk Grebeg Maulid Nabi Muhammad SAW. Tujuan kirab gunungan yaitu sebagai rasa syukur warga sekolah, karena mendapat berkah dari Allah SWT atas nikmat yang diberikan.

Kegiatan kirab gunungan ini perdana dilaksanakan oleh SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Para siswa menyambut dengan sukacita kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Hal ini menambah kesan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya melakukan Diba’ bersama tanpa melakukan pawai.

“Baru pertama kali acara ini diadakan dan sambutan dari para siswa sangat luar biasa,” Ujar H Nur Djannah, kepala SMASYIMDUTA. Selain itu, H. Ahmad Makki yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan kebanggaannya sekaligus harapannya agar semua siswa dapat meneladani Nabi Muhammad SAW. Di akhir sambutannya Ketua YPM tersebut memimpin para siswa untuk bersholawat Nabi dengan nyaring sekaligus memukul alat music banjari sebagai pertanda dimulai kegiatan pawai gunungan.

Tidak hanya kirab gunungan, kegiatan grebeg Maulid ini juga dramaikan oleh musik patrol dan tarian dari siswa-siswi yang terbagi menjadi 6 kelompok. Selain untuk memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW, bisa menjadi ajang unjuk kreativitas. Acara dimulai dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak H. Abdul Malik.

Usai doa, acara dilanjutkan dengan pawai yang diiringi alat music patrol yang melantunkan lagu Shalawat Badar. Rute perjalanan dimulai dari lapangan SMA Wachid Hasyim 2 Taman—jembatan baru—jembatan lama—kecamatan—pertigaan Polsek—lalu kembali lagi ke sekolah. Kreativitas mereka sangat bermacam-macam sesuai kreasi mereka. Siswa-siswi menampilkan pertunjukan yang dapat menarik perhatian khalayak umum. Acara berlangsung dari pukul 07.00 sampai 09.00 WIB. Di penghujung acara, suara ramai pawai masih terdengar keras.

“Kami berencana akan melakukan acara ini tahun depan, namun tetap melihat kondisi dan evaluasi dari pelaksanaan acara tadi,” Ujarnya.

( Tim jurnalistik Wh2 )