Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H / 2022 M

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1444 H / 2022 M

Di SMKN 2 Trenggalek peringatan Maulid nabi dilaksanakan pada 13 Oktober 2022 yang diikuti oleh siswa dan bapak ibu guru. Serta menampilkan sholawat Durrotus sofa SMKN 2 Trenggalek bersama bapak K. Imam Ma’ruf. Maulid Nabi Muhammad Saw, biasanya diperingati dengan berkumpulnya beberapa orang membaca Al-Qur’an, ceramah, tabligh akbar, melantunkan sholawat kisah teladan nabi sepanjang hidupnya, hingga perlombaan. Peringatan maulid Nabi sejatinya adalah acara rutin yang dilaksanakan oleh mayoritas kaum muslimin untuk mengingat, mengahayati dan memuliakan kelahiran Rasulullah. Menurut catatan Sayyid al-Bakri, pelopor pertama kegiatan maulid adalah al-Mudzhaffar Abu Sa`id, seorang raja di daerah Irbil, Baghdad. 

Peringatan Maulid Nabi adalah salah satu hari penting umat Islam untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad adalah peringatan yang sudah dilakukan oleh umat Islam sebagai bentuk penghormatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebagai bentuk kecintaan terhadap Nabi berjuluk Al Amin, kita sebagai umat Islam tidak hanya meneladaninya, tetapi juga perlu  memahami sejarah dari Maulid Nabi Muhammad SAW itu sendiri. Dalam berbagai kutipan sejarah Islam, Maulid Nabi merupakan peringatan kelahiran manusia paling mulia yang dilahirkan di tengah keluarga Bani Hasyim di Mekkah. Tepatnya pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di Tahun Gajah. Sebagian ulama berpendapat ini bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 bulan April tahun 571 M.

Hikmah Memperingati Maulid Nabi

Ada banyak hikmah yang bisa diraih jika seorang Muslim merayakan momen kelahiran Nabi Muhammad. Beberapa hikmah tersebut di antaranya:

  1. Salah satu bentuk pembuktian cinta umat muslim kepada Nabi Muhammad
  2. Mempelajari dan mengimplementasikan sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas bershalawat
  4. Meningkatkan rasa syukur sebagai umat Nabi Muhammad.
  5. Berharap mendapat syafaat Nabi Muhammad di hari kiamat.