Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Kegiatan Mabit dan Rihlah Kelas Program Khusus (Tahfidz) MTs Negeri 4 Klaten di Sragen

gambar siswa tadarus Al Quran di Masjid Al Falah Sragen

Berdasarkan program kelas program khusus (tahfidz) semester gasal tahun pelajaran 2022/2023, untuk meningkatkan motivasi belajar, hafalan, dan wawasan siswa maka diadakan kegiatan mabit dan rihlah yang dilaksanakan pada Sabtu-Ahad (22-23/10). Tujuan mabit dan rihlah ada dua, yaitu masjid Al Falah Sragen dan pemandian air panas Bayanan Sragen.

Peserta dari kegiatan mabit dan rihlah ini ada 38 siswa yang mengikuti jam tambahan tahfidz setiap Selasa mulai pukul 13.30 – 14.30. Ada 23 siswa kelas VII A, 5 siswa kelas VII C, 5 siswa kelas VII E, dan 5 siswa kelas VIII A. 38 siswa bersama tujuh guru pendamping berangkat dari MTs Negeri 4 Klaten satelah salat Asar (Sabtu, 22/10) dengan 1 bus dan 3 mobil. Kegiatan di Masjid Al Falah Sragen di pandu oleh Ustaz Muhammad Luthfi. Kegiatan itu meliputi jamaah salat, kajian, dan hafalan. Seluruh peserta menginap di masjid Al Falah Sragen. Setelah mengikuti kajian Ahad pagi (23/10) sekitar pukul 08.30 seluruh peserta melanjutkan perjalanan menuju objek wisata pemandian air panas Bayanan Sragen. Peserta pulang sampai di madrasah sekitar pukul 13.30 WIB.

Seluruh peserta mengaku senang dengan adanya kegiatan mabit dan rihlah ini. Mereka berharap akan ada kegiatan serupa di semester slanjutnya. Dengan adanya kegiatan mabit dan rihlah ini diharapkan siswa bisa menambah pengalaman dan lebih termotivasi untuk meningkatkan hafalan Al quran.

gambar kajian bersama Ustaz Muhammad Luthfi
gambar peserta mabit dan rihlah berfoto bersama di masjid Al Falah
gambar peserta mabit dan rihlah berfoto bersama di pemandian air panas Bayanan
gambar poster mabit dan rihlah kelas tahfidz

LY