Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

MPLS Virtual di Pandemi COVID-19

Kegiatan MPLS Virtual

(12/07/2021) Pada hari senin kemarin, SMA Katolik Untung Suropati Krian mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah(MPLS) bagi siswa baru Tahun Ajaran 2021/2022, di masa darurat penyebaran Covid-19 melalui sistem daring (virtual), yang tentunya menggunakan media zoom mengetahui situasi pandemi dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) saat ini. Kegiatan MPLS yang diselenggarakan oleh SMAKUSKAN Krian ini tentunya diikuti oleh para peserta didik baru, namun menariknya para OSIS serta MPK periode 2021/2021 tak ingin ketinggalan untuk membimbing para peserta didik baru agak memiliki minat dan rasa tertarik dalam berorganisasi. SMAKUSKA yang senang berorgansisasi adalah SMAKUSKA yang tentunya cinta tanah air, tak lupa pada hari pertama MPLS seluruh peserta yang ada dalam MPLS Virtual tersebut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Disusul dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah SMA Untung Suropati Krian , Bu Ellysabeth Elly Susiana,S.Ag, yang selalu memberikan perhatian-perhatian kecilnya serta tak lupa membimbing jalannya kegiatan. Kemudian dilanjutkan oleh Pak Julius Susanto,S.Fil beliau adalah guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti yang dengan wajah ceria dan menyenangkan membawakan materi tentang “Mengenal Potensi Diri”.  Tak berhenti di situ, sosok Bu Dwi Siskawati,S.S dengan materi yang dibawakannya mengenai ”Mimpi dan Cita-Cita” diharapkan dapat membantu para peserta didik baru untuk semangat dalam menemukan mimpi serta cita-citanya. Setelah  dua materi disampaikan oleh para guru, baik para peserta didik baru maupun OSIS dan MPK, mereka diberikan kesempatan bertanya kepada Para Pembawa materi.

Kemudian dilanjutkan oleh Pak John Frans Ario Birowo,S.Pd dengan materi “Kesadaran Berbangsa dan Bernegara” yang tentunya sangat diharapkan agar para siswa/i tetap memiliki rasa Kesadaran Berbangsa dan Bernegara yang tentu saja dengan cara memiliki rasa sopan dan santun karena itulah Indonesia. Tak ingin ketinggalan, Pak Markus Kasarianto,S.Pd  sebagai pemateri terakhir dengan materi “Tata Krama dan Budi Pekerti.” Dalam materi yang disampaikan oleh Pak Markus hendaknya para siswa/i sekali lagi dapat menjunjung tinggi etika-etika yang baik dan benar. Bagian yang paling ditunggu-tunggu setelah pembekalan materi dari para guru, adalah para peserta didik baru menjalani Quiz seputar materi-materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu guru. Setelah itu semua selesai ditutup oleh doa bersama. Dengan demikian hari pertama MPLS Virtual SMA Katolik Untung Suropati Krian telah selesai.

(13/07/2021) Pada Hari Kedua, seperti biasa acara MPLS Virtual dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia bersama, lalu berdoa bersama, setelah itu dilanjutkan dengan Materi Belajar Efektif di Masa Pandemi yang dibawakan oleh Mam Fransiska Poetryka,S.Pd, diharapkan menjadi salah satu panduan efektif agar para peserta didik baru tidak kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar di tengah pandemi. Disusul dengan materi yang dibawakan oleh Bu Neneng Marlina,S.Pd  dengan tema “Prestasi, Motivasi dan Semangat Belajar.” Setelah itu ada Pengenalan Kurikulum K13 yang Disampaikan oleh Bu Astutiningsih Anggaeini,S.Pd. Yang tak kalah menarik pada hari kedua ini adanya sesi Tanya jawab antar Pemateri dan Para Siswa Baru untuk menjalin kedekatan antara Guru dan Murid, dan setelah itu diadakan Test Penjurusan IPA/IPS yang juga dipimpin oleh Bu Astutiningsih. Wah, Author doakan semoga para peserta didik baru dapat menempati jurusan yang diinginkan ya!  Bahkan setelah melakukan Test Penjuruan masih ada lagi kegiatan Quiz seputar materi yang disampaikan oleh Para pemateri hari ini. Setelah selesai semuanya lalu ditutuplah kegiatan MPLS Hari kedua ini dengan doa bersama.

(14/07/2021) Di pengujung hari, seperti biasa semua peserta zoom menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersamaan, lalu diadakan doa pembukaan agar acara dapat berjalan dengan lancar  Setelah acara pembukaan dirasa telah selesai maka Pemberian Materi oleh Bu Hilda Husti Ina S, S.Pd tentang Pengenalan PHBS(Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) hendaknya menyadarkan para peserta zoom arti dari perilaku hidup bersih dan sehat. Dilanjutkan oleh Pak John Frans Ario Birowo,S.Pd dengan materi Tata Tertib, dan tidak lupa pula diadakan sesi tanya jawab terkait materi tersebut. Setelah dirasa cukup maka dilanjutkan lagi oleh Bu Ellysabeth Elly S, S,Ag dengan Materi Visi-Misi SMA Katolik dan tak ketinggalan materi terakhir  dibawakan oleh Pak Erwin S, S.Pd tentang Pendidikan Karakter. Seperti sebelum-sebelumnya setelah pemberian dan pembekalan materi maka kita beralih pada sesi tanya jawab antara Pemateri dan Siswa, dimana para peserta didik baru meskipun menjalani kegiatan MPLS di hari terakhir, masih memiliki rasa semangat dalam bertanya. Dilanjutkan dengan sesi Quiz yang seperti biasa, para peserta didik baru pun tampaknya tak ingin ketinggalan dalam memperebutkan pemain Quiz terbaik hingga menggebu-gebu dalam sesi kali ini. Setelah Quiz ditutuplah kegiatan MPLS SMA Katolik Untung Suropati Krian dengan doa dan Penerimaan Siswa Baru.