Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 1 DOLOPO

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMA NEGERI 1 DOLOPO

P5 adalah Proyek yang berfokus pada pencapaian Standar Kompetensi lulusan pada setiap jenjang satuan pendidikan terkait dengan pengembangan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. P5 adalah proyek yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang didirikan untuk memulihkan pendidikan di negara yang terhambat oleh pandemi COVID-19.

P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila.

Kompetensi P5 memperhatikan beberapa faktor yang dapat memberikan pengaruh, baik faktor internal atau faktor eksternal. Adapun contoh faktor internal yang diperhatikan adalah ideologi, sementara contoh dari faktor eksternal adalah tantangan di era digital. P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa yang unggul dan produktif. serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.

Visi Pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Sementara Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

SMA Negeri 1 Dolopo sebagai salah satu lembaga pendidikan menengah di Indonesia turut mendukung dan mensukseskan P5 dengan mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan sebagai tema Projek pertama dalam tahun pelajaran 2022 – 2023, dengan topik : Sampahku, Tanggung Jawabku, dengan harapan, peserta didik memahami dampak aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya. Peserta didik juga membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan, mempelajari potensi krisis keberlanjutan yang terjadi di lingkungan sekitarnya serta mengembangkan kesiapan untuk menghadapi dan memitigasinya.

Projek 1 dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022 selama 3 pekan dengan berbagai kegiatan yang telah disusun oleh bapak ibu guru terutama kelas X, baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah

Bapak Kepala SMAN 1 Dolopo sedang meninjau pelaksanaa P5 di salah satu kelas
Kunjungan ke Bank Sampah, untuk belajar memanfaatkan sampah sehingga bernilai ekonomi
Menggali informasi dari narasumber di bank sampah
Gallery Walk, saling memberi dan menerima saran, kritik maupun pertanyaan dari karya yang dihasilkan
Persiapan pemilahan sampah untuk praktik pembuatan pupuk kompos
Salah satu proses dalam pembuatan pupuk kompos
Presentasi proses pembuatan pupuk kompos
Kegiatan labeling tempat sampah

Pada akhir kegiatan akan dilakukan panen karya dari karya-karya terbaik yang dimiliki oleh peserta didik selama proses Projek 1.