Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

3 Mahasiswa UMS Magang Perpustakaan Muhiska

 

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menerima tiga (3) mahasiswa Universitas Muhammadiyah 1 Surakarta (UMS) dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMS untuk magang mata kuliah praktik pembinaan dan pengelolaan, Senin (10/10/2022).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Hilmi An Naufal, Farent Aldava dan Fariska Indah Nur Safitri. Kegiatan magang ini diterima oleh Pustakawan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Nur Shali Hati A.Md.

Kegiatan magang ini bertujuan untuk memenuhi kewajiban kurikulum dan meningkatkan kompetensi sekaligus menimba ilmu mengenai pengelolaan perpustakaaan secara langsung. Selama ini, mahasiswa studi magang mendapatkan teori mata kuliah perpustakaan hanya didalam kelas saja. Diharapkan magang tersebut dapat dijadikan wadah pembelajaran nyata melalui praktek langsung untuk meningkatkan skill dan kompetensi diri khususnya di bidang pengelolaan perpustakaan. Kegiatan magang akan berlangsung kurang lebih 1 bulan mulai tanggal 10 Oktober-10 November 2022, kami menghimbau agar mahasiswa studi magang untuk belajar dengan maksimal di perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Melalui program magang ini, mahasiswa akan diberikan materi praktek mengelola perpustakaan, melalui pengolahan bahan pustaka, layanan sirkulasi, hingga pengenalan perpustakaan digital. Setelah program magang ini selesai, mahasiswa diminta untuk membuat artikel ilmiah mengenai perpustakaan.