Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

OUTING CLASS KELAS PK MTs NEGERI 2 BOYOLALI KE B2P2TOOT DI TAWANG MANGU KARANG ANYAR

Senin 17 Oktober 2022 Kelas Program Khusus ( PK ) MTs Negeri 2 Boyolali mengadakan Outing Class di B2P2TOOT di Kebun Aromatik Tlogodringo Gondosuli Tawangmangu  dan di Kantor Balai Penelitian Tanaman Obat dan Obat Tradisional di Kalisosro Tawangmangu.

Kegiatan tersebut diikuti semua siswa Kelas PK kelas VII, VIII dan IX Program Sains dan Tahfidz yang berjumlah 151 siswa, beserta Guru Pendamping dan Komite Madrasah. Kegiatan Outing Class merupakan salah satu Program Kegiatan yang rutin diselenggarakan untuk siswa kelas PK yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pembelajaran dan pengalaman secara langsung kepada siswa tentang materi pembelajaran yang secara teori didapatkan di madrasah.

Tujuan kegiatan Outing Class diselenggarakan di B2P2TOOT adalah agar siswa mengenal tentang jenis tanaman obat beserta pengolahan dan pemanfaatannya bagi manusia. Dan diharapkan siswa mungkin mengenali dan membudidayakan tanaman obat yang ada di sekitarnya.

Kegiatan tersebut diterima perwakilan dari B2P2TOOT yang memberikan apresiasi kepada MTs Negeri 2 Boyolali yang telah mengadakan Outing Class di kebun B2P2TOOT dengan memberikan beberapa Buku tentang tanaman obat dan manfaatnya, dan memberikan bimbingan pendampingan belajar kepada siswa. Begitu juga dari MTs Negeri 2 Boyolali juga memberikan cindera mata sebagai bentuk terimakasih dan kerjasama yang diberikan B2P2TOOT memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar.

Dalam sambutannya Kapala MTs Negeri 2 Boyolali memberikan sambutan kepada siswa agar mengikuti kegiatan Outing dengan baik karena dapat menambah ilmu dan pengalaman yang sangat berharga, juga berpesan bahwa Outing Class tidak untuk wisata tetapi merupakan belajar di luar kelas.

Siswa-siswa juga merasa senang dengan kegiatan outing tersebut mereka sangat menikmati pembelajaran dengan mendengarkan penjelasan dari instruktur / pembimbing dari B2P2OTOOT  dan aktif mengajukan pertanyaan tentang tanaman yang ada dan manfaatnya. Seperti yang dikemukakan Rima Nur Aini siswa kelas IX A tersebut menyatakan Sangat senang dengan Ouiting Class di B2P2OTOOT karena bisa tahu tentang tanaman yang digunakan untuk obat dan proases pembuatannya.  Pernyataan senang juga disampaikan Adzra Quinsha Isnaurah, siswa kelas VII A yang baru pertama kali mengikuti Outing Class di MTs Negeri 2 Boyolali sangat senang apalagi udaranya sejuk di pegunungan yang sangat sejuk.