Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

UJI PUBLIK KOSP (KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN) KURIKULUM MERDEKA DAN KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) KURIKULUM 2013

Selasa, 19 Juli 2022, SMA Negeri 1 Sentolo melaksanakan uji publik KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) bagi Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan di kelas X tahun ajaran 2022/2023 dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) bagi Kurikulum 2013 yang masih akan diimplementasikan bagi siswa kelas XI dan XII. Uji publik merupakan agenda rutin tahunan yang menjadi awal tahun ajaran baru guna mensosialisasikan struktur program kurikulum kepada seluruh warga sekolah serta anggota masyarakat. Dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan SMA Negeri 1 Sentolo, perwakilan siswa kelas X, XI, dan XII, perwakilan pengurus OSIS, komite sekolah, perwakilan wali siswa, uji publik ini bertempat di ruang workshop SMA Negeri 1 Sentolo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Dibawakan oleh Ibu Anita Siswandari, S.Pd. selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum yang memaparkan struktur kedua kurikulum di atas, agenda ini juga dipandu oleh pengawas pembina SMA Negeri 1 Sentolo, Ibu Dra. Yustina Sri Rahayu, M.Pd. dan dihadiri pula oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Kulon Progo, Bapak Rudi Prakanto, S.Pd., M.Eng.

Dalam uji publik ini, selain mendengarkan pemaparan materi dari narasumber utama terkait kurikulum, peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan, usulan, serta kritik dan saran untuk struktur dan program dari kurikulum yang disampaikan. Tanggapan pertama disampaikan oleh Pengawas Pembina sekolah yang mengapresiasi presentasi dan konten kurikulum yang dipaparkan. Dilanjutkan oleh ketua komite SMA Negeri 1 Sentolo yang menyampaikan dukungan untuk struktur kurikulum yang akan dilaksanakan di tahun ini serta mendorong terwujudnya visi dan misi sekolah secara lebih maksimal lagi daripada sebelumnya. Perwakilan orang tua/wali siswa juga diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan. Pada kesempatan tersebut, Salah satu perwakilan wali siswa yang putranya merupakan siswa baru kelas X dan penyandang disabilitas, menyampaikan terima kasihnya atas kerjasama sekolah yang telah memfasilitasi putranya agar dapat memperoleh hak belajar yang sama dengan siswa lain di SMA Negeri 1 Sentolo, serta doa dan harapan untuk kemajuan sekolah juga disampaikan dan diamini oleh seluruh peserta. Saran dan masukan dari perwakilan siswa dan pengurus OSIS juga ditampung dan ditanggapi, terkait metode-metode belajar yang mereka inginkan, serta materi-materi tambahan atau pengayaan yang akan mendukung studi lanjut mereka di jenjang berikutnya.

Pada akhir sesi, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kulon Progo, Bapak Rudi Prakanto, S,Pd., M.Eng. memberikan sepatah dua patah kata berupa motivasi dan masukan-masukan yang membangun demi kemajuan SMA Negeri 1 Sentolo, baik dari segi kurikulum, sesuai tajuk acara pada hari itu, maupun dalam bidang lain seperti peningkatan penegakan kedisiplinan siswa, program-program dan rencana jangka pendek dan jangka panjang, serta apresiasi terhadap pencapaian SMA Negeri 1 Sentolo baik dalam hal akademik maupun prestasi-prestasi lain.