Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) untuk Siswa Baru Kelas X Tahun Ajaran 2022/2023

PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) telah usai. Sejumlah 180 calon siswa telah terdaftar secara resmi sebagai siswa baru SMA Negeri 1 Sentolo tahun ajaran 2022/2023, yang terbafi menjadi lima rombel (rombongan belajar) yaitu kelas X-A, X-B, X-C, X-D, dan X-E.. Seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya, agenda selanjutnya setelah PPDB adalah MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Baru) bagi para siswa baru. Sesuai dengan judulnya, tentunya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan orientasi kepada para siswa mengenai segala hal tentang sekolah baru mereka.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai hari Senin tanggal 11 Juli 2022 hingga hari Rabu tanggal 13 Juli 2022. Secara umum, bentuk kegiatan ini adalah penyampaian materi terkait beberapa tema yang perlu siswa ketahui sebelum memasuki KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) selama tiga tahun di sekolah. Materi-materi yang disampaikan oleh Bapak Ibu guru SMA Negeri 1 Sentolo tersebut meliputi Wawasan Wiyata Mandala, Tata Tertib Sekolah, Budaya Yogyakarta, Kurikulum Sekolah, Display Ekstrakurikuler, Kepramukaan dan OSIS, serta Kesehatan Mental Remaja dan Informasi seputar Beasiswa. Selain itu, terdapat tiga materi tambahan yang disampaikan oleh pemateri dari luar sekolah, yaitu NAPZA dan Kesehatan Reproduksi yang disampaikan oleh perwakilan dari Puskesmas Sentolo, Koramil Sentolo yang menjadi pemateri dalam tema Wawasan Kebangsaan, dan Informasi seputar Bela Negara dan Penanggulangan Kenakalan Remaja dengan Polsek Sentolo sebagai narasumbernya. Kesemua materi tersebut terjadwal selama tiga hari MPLS dengan durasi waktu masing-masing 2 Jam Pelajaran (45 menit) sehingga tiap harinya siswa mendapat 7 Jam Pelajaran mulai pukul 07.15 sampai dengan 13.40 dengan dua kali jeda waktu istirahat.

Khusus pada materi Kurikulum sekolah, siswa mendapat penjelasan mengenai Kurikulum Merdeka yang akan mereka gunakan sebagai acuan belajar. Mengingat kurikulum ini baru akan dijalankan pada tahun ini, sehingga siswa diharapkan dapat memahami lebih mendalam mengenai segala hal tentang kurikulum ini, termasuk perbedaannya dengan kurikulum yang sebelumnya, terutama dalam hal alur belajar yang akan dilaksanakan bersama guru sebagai fasilitator nantinya.

Pada tiga hari yang terjadwal sebagai MPLS untuk kelas X tersebut, seluruh siswa kelas XI dan XII juga melaksanakan kegiatan non KBM berupa aktualisasi kepramukaan yang merupakan aksi nyata dari kegiatan ekstrakurikuler wajib yaitu Kepramukaan yang sudah mereka laksanakan di tahun pertama mereka dulu yaitu kelas X. Kegiatan yang meliputi diskusi materi seputar kepramukaan ini dilaksanakan di ruang kelas masing-masing, dengan dipandu oleh Pembina Pramuka dan Dewan Sangga Andalan (DSA).

Pada hari ke-empat setelah MPLS dan aktualisasi kepramukaan selesai, dilaksanakan kegiatan kerja bakti masal membersihkan seluruh lingkungan sekolah, oleh semua warga sekolah, untuk mempersiapkan KBM pada pekan selanjutnya. Diteruskan dengan kegiatan olahraga berupa jalan sehat di hari kelima yaitu hari Jumat tanggal 15 Juli 2022, yang juga diikuti oleh semua warga sekolah, dengan rute wilayah Banguncipto dan sekitarnya.

Diharapkan kegiatan pekan pertama ini dapat menjadi pemantik bagi seluruh siswa maupun guru dan karyawan SMA Negeri 1 Sentolo agar dapat menyambut tahun ajaran baru 2022/2023 dengan semangat

baru di tengah masa-masa pemulihan dari era pandemi Covid-19 yang telah hampir 2 tahun membatasi ruang gerak dalam segala lini. Salam sehat dan semangat. Galasta Jaya!