Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Monev ADEM dari Disdik Provinsi Papua Barat

Monev ADEM dari Disdik Provinsi Papua Barat

Siswa program Adem merupakan pelajar berprestasi dan lolos seleksi mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM). Program ADEM ini sendiri merupakan program yang digagas UP4B bersama Direktorat Pembinaan PKLK Dikmen Dirjen Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2013.

Saat ini, berdasarkan data Direktorat PMPK, tercatat dienam provinsi di Jawa dan Bali jumlah siswa kelas X, XI dan XII asal Papua dan Papua Barat yang tengah belajar tercatat 1263 orang anak. Sedangkan siswa yang beradal dari daerah 3T yang sedang mengikuti program ADEM yaitu 1302 siswa dan untuk pserta program Afirmasi Repatriasi tercatat 1.165 anak. Total seluruh siswa memperoleh layanan ADEM Indonesia yang tengah belajar tercatat 3730 anak.

Sedangkan jumlah peserta didik yang telah lulus atau menjadi alumni program ADEM Indonesia untuk program ADEM Papua dan Papua Barat  jumlah yang lulus telah 2083 anak. Lulusan proram ADEM 3T tercatat 750 orang anak dan lulusan ADEM Repatriasi adalah 181 orang anak.

Di Bali, khususnya di SMK Negeri 3 Denpasar pada tahun pelajaran 2022/2023 ada 2 orang siswa Adem, yang kini masih duduk di kelas X pada kompetensi keahlian Perhotelan. Sementara untuk jenjang kelas XI ada 2 siswa pada kompetensi keahlian Perhotelan, jadi total siswa Adem di SMK Negeri 3 Denpasar berjumlah 4 orang.

Pada hari Selasa, 25 Oktober 2022, SMK Negeri 3 Denpasar kedatangan tamu dari Disdik Provinsi Papua Barat untuk melakukan Monev Program Siswa Adem di Provinsi Bali, khususnya di SMK Negeri 3 Denpasar.