Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK 1 Perguruan “Cikini” Laksanakan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar bersama Dunia Industri

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – SMK 1 Perguruan “Cikini” melaksanakan Workshop Penyelarasan Kurikulum dan Bahan Ajar bersama Dunia Industri pada Jumat – Sabtu, 14 – 15 Oktober 2022. Acara yang bertempat di Aula Technopark ini pada hari pertama dihadiri oleh Kepala SMK 1 Perguruan “Cikini”, Rifat, M.Pd, Pengawas SMK Wilayah Jakarta Utara II, Drs. Thayib, M.Pd, dan perwakilan dari dunia industri Muhammad Ismail Mudsa dari PT. Astra Daihatsu Motor.

Dalam sambutannya kepala SMK 1 Perguruan Cikini Rifat M.Pd mengatakan bahwa dalam rangkaian acara SMK-PK yakni sinkronisasi kurikulum dengan PT. Astra Daihatsu Motor, juga masih banyak program SMK PK yang akan dihadapi, diantaranya adalah beberapa guru akan mengikuti program magang industri.

“Tujuan dari program magang industri ini adalah tentu untuk meningkatkan skill, kompetensi, dan keilmuan dalam proses pengajaran, kami pihak sekolah akan terus mendorong kepada para guru untuk melaksanakan kegiatan magang industri ini”, pihaknya memaparkan.

Lebih lanjut Pengawas SMK Wilayah Jakarta Utara II, Drs. Thayib, M.Pd menyampaikan terkait urgensi program magang industri dalam menopang keberlangsungan kurikulum merdeka yang muai diterapkan pada kelas X di SMK 1 Perguruan “Cikini”.

Acara ini terlaksana atas bentuk komitmen sekolah dalam mendorong stakeholder sekolah dalam menyukseskan salah satu komponen penting dalam kurikulum merdeka yakni penyelarasan kurikulum dan bahan ajar dengan dunia industri.

Muhammad Ismail Mudsa salah satu perwakilan dunia industri dari PT. Astra Daihatsu Motor memaparkan bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum yang bebas, yaitu yang memberikan kemudahan kepada guru dalam proses pembelajaran artinya guru dapat mengajar dimana saja sesuai dengan keperluan topik pembelajaran. Kurikulum ini menekankan pada pendekatan pembelajaran berbasis proyek atau pembelajaran yang menghasilkan produk riil.

Pihaknya menambahkan bahwa PT. Astra Daihatsu Motor memiliki program pengembangan kurikulum merdeka berupa instruktur tamu, pelatihan, pemagangan, sertifikasi kompetensi, link and match PT. Astra Daihatsu Motor dengan sekolah-sekolah, integrasi kurikulum, penyamaan modul pembelajaran, training soft skill, training hard skill, kunjungan industri, sharing teknologi, teaching factory, update teknologi, dan porses rekrutmen.

“Tujuan program ini dalam penerapan kurikulum merdeka adalah meningkatkan kompetensi lulusan, selain itu juga kami ingin meningkatkan kompetensi para guru bukan hanya guru teknik kendaraan ringan tapi juga semua guru kompetensi keahlian lain”, imbuhnya.

Pada hari kedua dilaksanakan kegiatan penandatanganan sinkronisasi kurikulum SMK 1 Perguruan “Cikini” bersama PT Komatsu Indonesia.

“Alhamdulillah acara ini juga disaksikan pihak pendamping SMK-PK SMK 1 Perguruan “Cikini” yaitu Reza A. Rahman, S.Pd., MT., selaku pembimbing SMK-PK dari Universitas Pancasila”, Edi Susanto selaku Wakil Kepala SMK 1 Perguruan “Cikini”.

Penulis : Asghor