Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Muhi Gelar Upacara Sumpah Pemuda ke-94

Hari ini, Jumat 28 Okbober 2022 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar uapacara Sumpah Pemuda ke-94. Upacara dilaksanakan secara hitmad dengan tema ”Bersatu Bangun Bangsa”. Upacara di laksanakan di halaman SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan peserta didik kelas XI.

Pimpinan upacara Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,M.Pd., dalam sambuatannya yang membacakan amanat dari menteri pemuda dan olah raga republik Indonesia, Zainudin Amali berisi tentang upaya menmghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkap menuju visi bangsa yang besar.

Sumpah pemuda 28 Oktober 1928 memberi pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi sikap primodial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa sekarang juga akan datang. Apa yang dilakukan oleh pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat pemuda saat ini adalah menjadi nilai persatuan di atas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugrah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia. Pemuda bukan hanya pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

Diakhir amanat, jadikan momentum peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-94 sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita Bersama membangun bangsa. Semoga Allah senantiasa memberi kekuatan kepada kita untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.

Salam pemuda…