Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTs Negeri 4 Klaten Gelar Upacara Bendera dan Berbagai Lomba dalam Peringatan Sumpah Pemuda 2022

gambar petugas upacara membaca pemukaan UUD 1945

Pedan-Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 ini mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema itu mengajak Pemuda Indonesia untuk menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama serta berbagai kepentingan menjadi faktor penguat dan bukan faktor yang melemahkan.

Dalam peringatan sumpah pemuda tahun ini, MTs Negeri 4 Klaten menggelar upacara bendera dan berbagai lomba. Upacara bendera dimulai pukul 07.00 – 08.00. bertindak sebagai pembina upacara adalah Bapak Edi Supraptana. Sementara petugas upacara bendera adalah pengurus OSIS.

gambar siswa mengikuti lomba baca puisi
gambar siswa mengikuti lomba paduan suara

Setelah upacara selesai, siswa mengikuti berbagai lomba. Ada 5 lomba perseorangan dan 1 lomba kelompok. Lomba yang digelar adalah lomba hafalan teks sumpah pemuda, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba pidato bahasa Jawa, lomba mendongeng, lomba baca puisi, dan lomba paduan suara. Tempat untuk lomba adalah di kelas IX A – IX F. Siswa yang mengikuti perlombaan telah berkumpul di dalam kelas yang telah ditentukan dan maju sesuai nomor undian. Untuk lomba paduan suara, peserta lomba menunggu di luar kelas. Kegiatan perlombaan selesai pukul 09.30 tepat.

Pemenang dari setiap perlombaan akan diumumkan dalam kegiatan upacara mendatang. Siswa sangat antusias dalam mengikuti perlombaan. Entah menang atau kalah yang penting mereka sudah berani tampil untuk mengikuti perlombaan.

gambar poster sumpah pemuda

LY