Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

KEKAYAAN BUDAYA PAGELARAN DAN PERTUNJUKAN DALAM HUT KE-39 SMANAR TAHUN 2022

KEKAYAAN BUDAYA PAGELARAN DAN PERTUNJUKAN DALAM HUT KE-39 SMANAR TAHUN 2022

TARI TRADISIONAL DENDE INGES, BAZAR HINGGA LOMBA MINIATUR PROVINSI NTB DALAM HUT SMANAR KE-39 TAHUN 2022

Editor : ABI

(Smanar_News). Berbagai kemeriahan digelar dalam acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) SMAN 1 Narmada (SMANAR) yang jatuh Pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 Tahun ini. https://www.youtube.com/watch?v=zWpb2dmSFdc

Beberapa pertunjukan yang ikut meramaikan kegiatan kali ini salah satunya adalah “Tari Dende Inges”. Tari dende inges khas sasak atau tari tenun ini berasal dari lombok tengah. Tari tersebut mengisahkan tentang tari tenun yang dibuat oleh para remaja atau gadis gadis. Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pementasan tari ini antara lain musik, gerakan, kostum dan sinopsis. Musik diatur agar dapat pas sesuai dengan gerakan penari. Kostum dan hiasan juga harus diperhatikan agar dapat menunjang tari. Ungkap Ayu Sulasni selaku pembina sekaligus ketua tari SMAN 1 Narmada.

Selain itu, Siswa dan siswi kelas XII Smanar juga mengadakan kegiatan “Bazar” makanan tradisional dan makanan kekinian. Mereka sangat antusias dalam berpartisipasi pada bazar tahun ini. Adapun tema bazar pada perayaan HUT-39 tahun ini mengambil tema “Makanan adat khas Suku Sasak”. Kelas XII (duabelas) diminta untuk menyiapkan makanan khas Sasak minimal satu jenis makanan yang harus ada dalam kegiatan tersebut yang akan dinilai oleh para dewan juri. Banyak stand bazar yang telah dipersiapkan dalam mempromosikan produk karya siswa smanar tersebut. Para siswa melakukan promosi dengan menyebarkan beberapa Pamflet menu makanan yang akan mereka jual saat hari H melalui berbagai media sosial, dan ada juga yang mempromosikannya dengan cara menempelkan poster di setiap jendela kelas sejak dua hari sebelum kegiatan puncak HUT-39 smanar di gelar.

Kebanyakan stan mengambil strategi dengan menghias stan mereka dengan meriah agar cepat menarik peminat, dan ada juga yang menamai makanan mereka dengan singkatan yang menarik sehingga orang-orang tertarik mencoba makanan mereka.

Selain itu, terdapat banyak sekali perlombaan yang telah digelar sebelum hari H ini terlaksana. Mulai dari lomba, Desain Miniatur Provinsi NTB, lomba Busana Kreasi dan lain sebagainya. Khusus untuk pengumuman juara desain miniatur NTB dilakukan pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 tepatnya di acara puncak HUT Smanar ke-39. Juara 1 diraih oleh kelas XI IPS 2, Juara ke 2 diraih oleh X MIPA 1 dan Juara ke 3 diraih oleh XI MIPA 4. (Dewi & Nabila).