Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Atas

Jong Patbhe

Jong Patbhe

Osis Bhissak SMA Negeri 4 Yogyakarta pada peringatan sumpah pemuda tahun ini mengusung tema “Jong Patbhe”, menyelenggarakan berbagai ragam acara untuk memperingati hari sumpah pemuda di lingkungan SMA Negeri 4 Yogyakarta. Hal ini dilakukan agar para murid dapat berpartisipasi secara aktif dan langsung untuk merasakan gegap gempita peringatan sumpah pemuda. Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan antara lain ada Gebyar Seni, Patbhe Market, dan Pameran Batik.

Dalam acara Patbhe Market, murid kelas X diberikan kesempatan untuk berwirausaha dan mengembangkan pemahaman tentang dunia wirausaha, agar murid terdorong untuk membuat sebuah bentuk lapangan kerja baru yang bersifat kreatif berdasarkan keahlian mereka. Acara Patbhe Market berupa stand bazar dari kelas masing-masing untuk dapat menampilkan keterampilannya dalam berjualan. Para murid dari setiap kelas menjual berbagai makanan dan minuman yang berbeda-beda sehingga setiap kelas memiliki ciri khasnya masing-masing.

Selain itu, ada juga kegiatan Pameran Batik yang dilakukan oleh siswa kelas XI. Pada kegiatan tersebut, para murid dapat mengembangkan dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Mereka memamerkan hasil karya yang telah dibuat oleh masing-masing kelompok di kelas tersebut. Hal ini sekaligus memberikan apresiasi kepada para murid yang telah berusaha sebaik mungkin dalam membuat batik menjadi sebuah karya seni baru khas buatan tangan mereka sendiri. Pameran ini juga sekaligus bertujuan untuk mengedukasi para murid tentang batik agar mereka juga tertarik untuk melestarikannya.

Kegiatan yang terakhir, yaitu Gebyar Seni. Gebyar Seni ini memberikan wadah bagi para murid untuk menunjukkan bakat seni yang dimiliki oleh mereka. Tidak hanya bakat olah raga saja yang dapat tersalurkan, pada kegiatan Gebyar Seni, setiap kelas dapat menampilkan pertunjukan akustik bernyanyi tunggal atau bersama-sama dengan siswa lainnya. Dengan adanya sebuah wadah apresiasi bagi segala jenis bakat dan talenta yang dimiliki oleh murid, besar harapan agar para murid di SMA Negeri 4 Yogyakarta dapat terdorong untuk terus mengembangkan bakatnya dalam lingkup yang lebih besar lagi.

Melalui serangkaian kegiatan yang diselenggarakan ini, pada akhirnya diharapan agar para murid di SMA Negeri 4 Yogyakarta terus memiliki spirit perjuangan untuk berproses sesuai perkembangan jaman dengan adaptasi teknologi terbaru untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia yang selaras dengan semboyan tema kali ini, ‘Bercerai Kita Runtuh, Bersatu Kita Tak Terkalahkan’.

Patbhe, 28 Oktober 2022

-Phiet-