Jumat, 19 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Latihan Dasar Kepemimpinan dan Serah Terima Jabatan Askar Tahun 2022

Askar merupakan salah satu organisasi siswa yang ada di SMA Islam Hidayatullah. Terbentuknya organisasi Askar karena terinspirasi dari tim Askar yang bertugas mendisiplinkan ibadah di Mekah. Sehingga di SMA Islam Hidayatullah, Askar memiliki tugas untuk membantu para siswa terkait kedisiplinan dalam pelaksanaan ibadah di sekolah.

Siswa yang menjadi anggota Askar menjabat selama 1 tahun pelajaran, sehingga setiap tahunnya diadakan re-organisasi. Pada tahun ini, Askar mengadakan re-organisasi pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022. Kegiatan re-organisasi ini berisi kegiatan latihan dasar kepemimpinan, pemilihan ketua, serah terima jabatan dan pelantikan anggota Askar. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah dimulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 19.00 malam dan dihadiri oleh kepala sekolah, pembina Askar, bapak/ibu guru pendamping, seluruh anggota Askar periode 2021/2022 dan anggota Askar periode 2022/2023.

Susunan acara dalam kegiatan ini yaitu pembukaan; sambutan oleh Ibu Etik Ningsih, S.Pd selaku kepala sekolah; materi penguatan karakter oleh Pak Bahtiar, S.Pd., pemaparan materi dari Madani Adventure, game, latihan fisik, debat calon ketua Askar, pemilihan ketua Askar, serah terima jabatan ketua Askar; pelantikan; dan penutup. 

Sambutan kepala SMAHA, Ibu Etik Ningsih, S.Pd.

Ibu Etik Ningsih, S.Pd., menuturkan banyak terima kasih pada Anggota Askar periode 2021/2022 yang telah mengemban amanah dengan baik dan menegakan kedisiplinan di SMA Islam Hidayatullah dan berharap meskipun telah purna tugas, tetap menjadi siswa yang disiplin dan memberi contoh yang baik kepada adik-adiknya. 

Pemilihan ketua Askar diawali dengan debat calon ketua Askar, debat dipimpin oleh pembina Askar, yaitu Ibu Dwi Agustina. Kadidat ketua Askar putra yaitu M.Hanif Rais (XI MIPA 1) dan Ramadhan Muhammad Arkan (XI IPS 1).sementara itu, kadidat ketua Askar Putri yaitu Aisyah Muna (XI MIPA 2) dan Beauty Chelsea Maulidna (XI IPS 2). Setelah dilakukan debat, dilakukan voting dengan menggunakan kertas pemilihan. Hasilnya yaitu suara terbanyak untuk kadidat putra didapatkan oleh Ramadhan Muhammad Arkan (XI IPS 1) dan suara terbanyak putri didapatkan oleh Beauty Chelsea Maulidna (XI IPS 2). 

Setelah pemilihan ketua Askar putra dan ketua Askar putri selesai kemudian dilanjutkan serah terima jabatan dari Firmansyah Toni Satriawan  ketua Askar putra periode 2021/2022 kepada Ramadhan Muhammad Arkan sebagai ketua Askar Putra terpilih tahun 2022/2023 dan Rossa Queena ketua Askar putri periode 2021/2022 kepada Beauty Chelsea Maulidna sebagai ketua Askar Putri terpilih tahun 2022/2023. Acara dilanjutkan dengan pelantikan anggota Askar baru oleh Kepala Sekolah, Ibu Etik Ningsih, S.Pd. Seluruh anggota Askar mengikuti dengan khidmat.

“Semoga ketua dan anggota Askar terpilih bisa semakin maju, menjadi pribadi yang lebih kuat dan bisa membangun diri lebih baik lagi bersama dengan Askar.”, pesan Rossa ketua Askar Putri 2021/2022. 

Selamat kepada ketua Askar dan Anggota Askar periode 2022/2023. Semoga bisa mengemban amanah dengan lebih baik dan menjadi pelopor kedisiplinan di SMA Islam Hidayatullah tercinta.