Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Lintas Alam Pramuka Aktualisasi Pangkalan SMK Negeri 5 Pekanbaru, Sarana Pendidikan Katakter

SMK Negeri 5 Pekanbaru.sch.id- SMK Negeri 5 Pekanbaru laksanakan kegiatan Lintas Alam Pramuka Aktualisasi khususnya kelas XI di Air Terjun Batu Dinding, Desa Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri, Sabtu, 29 Oktober 2022. Kegiatan lintas alam dilaksanakan sebagai benyuk implementasi kurikulum 2013 yang menjadikan kegiatan kepramukaan aktualisasi sebagai wadah pendidikan karakter peserta didik. Kegiatan lintas alam diikuti oleh seluruh kelas XI SMK Negeri 5 Pekanbaru yang terdiri dari 560 siswa dan 70 pembina. Kegiatan lintas alam dimulai dengan pelatihan pendidikan karakter kedisiplinan bersama Koramil 01 Kec. Rumbai, Jum’at, 14/10/2022 di lapangan kegiatan SMK Negeri 5 Pekanbaru. Dengan adanya latihan kedisiplinan tersebut, diharapkan peserta didik mampu menanamkan sikap tanggung jawab dan disiplin dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Kegiatan lintas alam terbagi dalam 2 sesi, mengingat jumlah peserta didik yang cukup banyak. Adapun sesi pertama yang terdiri dari 9 kelas, diberangkatkan pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 dan sesi 2 diberangkatkan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 dengan jumlah 7 kelas. Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM, menyatakan bahwa kegiatan LA ini memiliki sisi yang sangat positif, yaitu di samping menanamkan rasa cinta terhadap alam kepada peserta didik tapi juga mengajarkan kedisiplinan serta kemandirian.

“Dengan kegiatan lintas alam ini, saya melihat banyak sisi positif ya g daat diambil oleh anak anak kita, di antaranya adalah menanamkan rasa cinta terhadapa alam yang sesuai dengan dasa dharma ke dua serta mengasah kemandirian peserta didik kita. Semoga dengan adanya kegiatan demikian, anak anak kita, khususnya kelas XI, dapat menjadi pesetta didik yang tangguh dan berakhlak mulia serta mampu mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia usaha dan kerja ke depannya”, Jelas Kepala SMK Negeri 5 Pekanbaru, Drs. Dwi Bowo Sukmono, MM pada saat memberikan sambutan.

Peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan lintas alam, terlihat dari yel yel yang selalu disorakkan dengan lantang sepanjang perjalanan peserta LA menuju air terjun. Dalam perjalanan LA, setiap peserta haru melewati beberapa pos yang dijaga oleh pembina. Setiap pos tersebut berisi halang tintang serta kata sandi yang wajib dipecahkan oleh peserta didik. Adapun sandi yang wajib dioecahkan adalah sandi AND, sandi rumout, sandi kotak 1, dan sandi Cina. Terlihat peserta didik sangat menikmati perjalanan dan sangat antusias hingga acara berakhir. Hujan yang turun tidak menjadi penghalang peserta LA untuk tetap melanjutkan perjalanan dan menyelesaikan perjalanan LA. Di akhir kegiatan peserta didik melakukan foto bersama dan menikmati mie rebus yang disediakan okeh panitia.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Kak Joko Suwono, S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan LA juga menjadi salah satu agenda wajib tahunan yang mesti diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI.

“Kita sagat berharap dengana danya kegiatan Lintas ALam ini, peserta didik SMK Negeri 5 Pekanbaru dapat meningkatkan rasa cinta terhadap alam dan mandiri dalam mengambil keputusan serta tindakan positif. Alhamdulillah, hari ini semua kegiatan berjalan dengan lancar, tanpa ada kendala yang cukup besar, dan kita ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pembina pramuka serta kepada tim adeik adik inti yang telah ikut menyukseskan kegiatan LA tahun 2022”, Jelas Ketua Pelaksana Kegiatan, Kak Joko Suwono, S.Pd.