Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

JUARA ASEAN! TIM RISET MTSN 32 JAKARTA SELATAN RAIH JUARA 1 AJANG AYRIS 2022

JUARA ASEAN! TIM RISET MTSN 32 JAKARTA SELATAN RAIH JUARA 1 AJANG AYRIS 2022

JAKARTA (Humas MTsN 32 Jak-Sel) – Peserta didik MTsN 32 Jakarta Selatan, Muhammad  Gilfran Gading dan Fakhriansyah Raanii Rasydan bersama pembimbingnya, Reza Hesti meraih juara 1 lomba riset bertajuk Asean Youth Research Innovation Summit (AYRIS) berdasarkan hasil penilaian pada 22 Oktober 2022.

Penelitian mereka dengan judul: The Potential of Pineapple Peel as an Alternative Energy , dipaparkan dengan baik dan berhasil menarik perhatian dewan juri Dewan Juri Transformasi Milenia Indonesia (TMI) atau @transmilenia.co.

Gilfran mengatakan, judul penelitian mereka mengenai Potensi Kulit Nanas Sebagai Sumber Energi Alternatif Pembuatan Bio-Battery memanfaatkan Eco-enzyme dari limbah budidaya nanas.

“Eco-Enzyme yang berpotensi sebagai bahan baku biobaterai dapat dibuktikan dengan penerangan lampu LED.” Ujar Gilfran.

“Variasi penambahan volume eco-enzyme pada limbah kulit nanas berpengaruh terhadap penambahan nilai tegangan dan kuat arus listrik yang dihasilkan.  Semakin banyak volume eco-enzyme semakin besar tegangan pengenal dan kekuatan arus listrik.” Lanjutnya.

Reza Hesti selaku pembimbing mengatakan, keberhasilan timnya ini atas keseriusan dan kesabaran  siswa-siswanya selama proses penelitian. “Hasil ini diraih setelah mereka melakukan proses penelitian dan eksperimen secara intensif selama 3 bulan terakhir dengan penuh keseriusan.”

Fahrurozi, kepala madrasah merasa terharu atas torehan hasil yang diraih tim riset pada kesempatan ini.

“Selain sukses di ajang Ayris ini, tim riset kami juga meraih hasil kemenangan di kejuaraan LKIR dengan tim yang berbeda.” Ujar./ yyt.