Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Geliat Literasi SMAN 1 Pemali

Geliat Literasi SMAN 1 Pemali

Lagu Indonesia Raya menggema memecah derasnya hujan di Pendopo SMAN 1 Pemali Jum’at 4 November 2022 dalam kegiatan pelatihan menulis bagi guru dan siswa. Spirit menulis telah mampu menarik 30 guru dan 30 siswa SMANSALI dalam kegiatan pelatihan menulis ini.

Dalam sambutannya Kepala SMAN 1 Pemali menyampaikan tentang pentingnya menulis untuk menyalurkan ide/gagasan. Beliau juga mengingatkan bahwa keterampilan menulis juga dapat menjadi penambahan angka kredit berkaitan dengan Karya Ilmiah dan Publikadi Ilmiah khususnya bagi guru. Oleh karena itu sekolah mengadakan pelatihan menulis bagi guru dan siswa untuk menambah kompetensi dan keterampilan dalam bidang menulis bagi warga sekolah.

Bu Eflina mendorong peserta pelatihan menulis dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan literasi digital salah satunya web sekolah dan jejaring sosial sekolah lainnya. Karena semakin banyak penulis di SMAN 1 Pemali akan menggiatkan literasi khususnya bagi sekolah dan warga sekolahnya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan kegiatan oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah 2. Dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Kasi SMA Cabdin wilayah 2. Pak Heru dalam membuka pelatihan menyampaikan motivasi kepada peserta karena adanya pembelajaran yang hilang (learningloss) akibat adanya pandemi covid-19. Oleh karena itu pelatihan ini dapat menjadi upaya untuk menggairahkan motivasi belajar bagi siswa dan juga guru. Kasi SMA Cabdin Wilayah 2 menyampaikan bahwa SMAN 1 Pemali membanggakan kaitannya dengan kegiatan literasi dengan banyak prestasi dalam bidang itu. Dalam penyampaiannya pak Heru juga menyampaikan khususnya untuk bapak dan ibu guru bahwa dalam menulis yang bisa dimasukkan dalam angka kredit harus sesuai dengan kaidahnya.

Sebelum membuka kegiatan pak Heru tidak lupa mengingatkan bahwa murid harus mampu menjadi generasi yang berprestasi dan menjadi generasi emas kedepannya.
Selanjutnya tepat pada pukul 13.50 pak Heru membuka pelatihan Menulis bagi Guru dan Siswa di SMAN 1 Pemali.

Pelatihan ini semakin semarak dengan kehadiran Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bapak Ervawi. Sebagai Narasumber utama beliau menyampaikan berkaitan Menulis Karya Ilmiah. Untuk memotivasi kepala dinas pendidikan memesankan bahwa setelah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan harus diimplementasikan.

Semua berawal dari hati (niat) kata beliau yang selanjutnya harus dilakukan. Sehingga perlu mengubah pola pikir bahwa menulis itu harus diaplikasikan secara terus menerus. Selanjutnya
Pak Ervawi menyemangati supaya peserta kegiatan pelatihan untuk menulis dan di mulai dari diri, yang selanjutnya akan menjadi tauladan bagi lingkungannya.

Pelatihan menulis ini akan berlangsung dari tanggal 4, 5 dan 11 November 2022 yang diharapkan akan menggeliatkan literasi di SMAN 1 Pemali. Semoga.