Sabtu, 20 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Cover Karawitan Skaoneta

 

Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkarakter, berkualitas, berbudaya, berwirausaha, berwawasan lingkungan dan kompetitif (ber5K)

 

Ada pemandangan yang berbeda pada pagi hari ini di panggung Karawitan SMK Negeri 1 Yogyakarta. Biasanya seperangkat gamelan itu masih terlihat “telanjang” di pagi hari ini ternyata sudah ada penutupnya. Sebut saja Cover penutup Gamelan.

 

Cover penutup gamelan ini sengaja dipesan untuk keperluan melindungi gamelan agar lebih awet. Cover penutup gamelan bagian dari untuk merawat gamelan agar tetap bisa dipakai untuk jangka panjang.

 

 

Maklum guys … Seperangkat gamelan di era sekarang itu harganya cukup mahal seperti model gamelan di SMK Negeri 1 Yogyakarta itu kalau di taksir yang harga sekarang kurang lebih 300 jutaan. Cukup mahal bukan dapat mobil 1 bagus deh sekelas expander.

 

Semoga dengan kehadiran cover gamelan yang diletakkan pada masing-masing gamelan di SMK Negeri 1 Yogyakarta bisa menambah atau memperpanjang usia gamelan menjadi lebih lama untuk digunakan. Begitu juga ke depan agar lebih kinclong lagi Gamelannya akan di gosok ulang ..agar bersinar.

 

Jadi apapun barang yang ada di SMK Negeri 1 Yogyakarta bila dirawat dengan baik maka akan memperpanjang usia barang itu sendiri. Termasuk gamelan pun bila dirawat dengan baik akan bisa dipakai dari masa ke masa.

 

Kerjasama semua pihak sangat dibutuhkan untuk selalu memperhatikan dan merawat gamelan terutama anak-anak yang mencintai gamelan itu sendiri.

SMK Negeri 2 Yogyakarta berusaha sekuat tenaga untuk menghidupkan gamelan secara live, sehingga bisa nikmati oleh siapa saja yang hadir di SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Salam Boslis
Ndobos jadi tulisan

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas Hidup terasa lebih bermakna

 

Jogjakarta 9 November 2022 pukul 07.03 WIB.