Kamis, 25 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pecah Telur LSP-P1

 

Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkarakter, berkualitas, berbudaya, berwirausaha, berwawasan lingkungan dan kompetitif (ber5K)

 

Alhamdulillahirobbilalamin setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya SMK Negeri 1 Yogyakarta mendapatkan Lisensi Sertifikasi Profesi pihak pertama (LSP-P1) dari BNSP Jakarta. LSP P 1 meliputi kompetensi keahlian Akuntansi, Perkantoran dan Pemasaran.

 

Kenapa melalui perjuangan yang panjang? Karena sejak Tahun 2019 saya masuk di SMK Negeri 1 Yogyakarta LSP P 1 itu belum ada sehingga ada keinginan kuat untuk mewujudkannya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan waktu Pandemi Covid itu muncul di awal tahun 2020, sehingga konsentrasi untuk mewujudkan mimpi tersebut menjadi sedikit agak tertunda.

 

Akan tetapi semangat dan jiwa yang bergelora, pandemi agak mereda, mengumpulkan energi kembali dari berbagai lini di bawah bimbingan Pak Sofyan dan Ketua LSP P1 Bu Eka mengadakan persiapan penyusunan dokumen yang dilakukan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Kerja keras dan kerja cerdas tahun 2022 akhirnya lisensi itu benar-benar ada dalam genggaman.

 

Dengan mempunyai lisensi lspp1 sendiri maka mulai Tahun 2023 SMK Negeri 1 Yogyakarta melaksanakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dengan model LSP P-1. Disamping itu SMK N 1 Yogyakarta juga tetap melaksanakan UKK secara mandiri kerjasama dengan industri. Kenapa ini kita lakukan karena hasil sertifikasi LSP P1 berlaku selama 3 tahun sedangkan ujian mandiri sertifikatnya berlaku untuk seumur hidup. Jadi kita akan melaksanakan UKK dua-duanya baik mandiri maupun model LSP P1.

 

Semoga dengan terbitnya lisensi lspp 1 di SMK Negeri 1 Yogyakarta menjadi pemicu semangat untuk membekali anak agar lebih kompeten sesuai dengan keahliannya masing-masing.

 

Salam Boslis
Ndobos jadi tulisan

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas Hidup terasa lebih bermakna.

 

Jogjakarta 11 November 2022 pukul 08.20 WIB.