Jumat, 29 Maret 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kenalkan Industri Game kepada Siswa, SMK 1 Perguruan “Cikini” Programkan Kunjungan Industri Siswa ke Agate Game Developer Bandung

Jakarta, smkperguruancikini.sch.id – Rabu, 2 November 2022 SMK 1 Perguruan “Cikini”  melaksanakan kunjungan industri ke Agate Game Developer Bandung. Salah satu program Wakil Kepala Sekolah bidang Hubinmas ini  diikuti oleh 38 siswa kelas XI RPL, mereka diberangkatkan menuju kota Bandung pada pukul 05.18 WIB menggunakan bus dan sampai kembali di sekolah pada pukul 21.00 WIB.

Mentari Diah Utami selaku Koordinator Urusan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menuturkan  bahwa tujuan dilakukannya program ini adalah untuk mengenalkan industri game kepada siswa.

“Pada kurikulum merdeka, kompetensi keahlian RPL bertambah satu kompetensi yaitu pemrograman game, dan juga terjadi perubahan nomenklatur nama dari  Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) menjadi Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)”, tambahnya.

Program kunjungan industri siswa ini masih dalam satu rangakaian program non fisik SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) di SMK Perguruan “Cikini”.

Beberapa mata acara yang dilaksanakan pada kunjungan ini adalah seperti pengenalan siswa dengan industri game, produk game VR dari pihak Agate Game Developer, dan pola kerja di industri game.

Putri selaku PIC kunjungan industri menyampaikan bahwa industri game sekelas Agate Game Developer yang sudah memiliki banyak produk dan juga memiliki developer yang sudah berkarir internasional, tidak terlalu mementingkan legalitas ijazah, karena ada alumni siswa SMK yang menjadi developer di Agate Game Developer sekarang menjadi back end.

Mentari Diah Utami berharap dapat terjalin kerja sama antara industri game yaitu Agate Game Developer dengan sekolah berupa program guru tamu, magang siswa maupun magang guru kedepanya. Serta tentunya terjalin link and match secara kurikulum antara sekolah dengan industri.

Penulis: Asghor