Kamis, 18 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Tonti Skaoneta Juara 2

 

Oleh : Elyas
SMK Negeri 1 Yogyakarta (Skaoneta)
Berkarakter, berkualitas, berbudaya, berwirausaha, berwawasan lingkungan dan kompetitif (ber5K)

 

Alhamdulillahirobbilalamin setelah sekian lama menanti prestasi, akhirnya pleton inti (Tonti) SMK Negeri 1 Yogyakarta mendapatkan apresiasi dari UPN Veteran Yogyakarta dinobatkan sebagai juara 2 dalam lomba baris-berbaris (PBB) yang dilaksanakan pada hari Minggu 13 November 2022. Prestasi ini datangnya tidak kebetulan tetapi memang disiapkan secara matang oleh sekolah beserta para pembimbingnya.

 

Diawali dari rekrutmen anggota proton inti yang dilaksanakan setelah MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah). Selama kurang lebih sepekan dilaksanakan seleksi tonti bekerjasama dengan Dan Ramil GedunTengen. Semua peserta didik baru wajib mengikuti seleksi tonti. Satu persatu mereka diamati dengan jeli oleh para pelatihnya, akhirnya terbentuklah satu peleton inti sebagai tim yang akan digodok lebih lanjut.

 

 

Tim Inti Tonti ini secara berkala dilatih oleh para pelatih yang tergabung dalam ekstrakurikuler Peleton Inti (Tonti). Setiap pulang sekolah selama seminggu sekali mereka berlatih secara rutin agar formasinya bisa terbentuk dengan baik. Tentu menjelang perlombaan latihannya ditingkatkan tidak hanya seminggu sekali, bahkan mungkin hampir setiap hari untuk berlatih baris-berbaris baik di aula SMK Negeri 1 Yogyakarta maupun di lapangan SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Kekompakan satu dengan yang lain selalu dijaga, percaya diri sebagai modal utama untuk melakukan kompetensi dengan Tonti – Tonti sekolah lain. Nah momen itu tiba ada perlombaan baris-berbaris yang dilaksanakan oleh universitas pembangunan Nasional Veteran Jogjakarta.

 

Satu peleton inti SMK Negeri 1 Yogyakarta pun didaftarkan untuk mengikuti lomba tersebut. Alhamdulillah ternyata sekali lagi dengan kerja keras dan kerja cerdas anak-anak Tonti baik yang baru maupun yang lama saling berkolaborasi akhirnya menghasilkan prestasi juara 2.

 

Selamat kepada anak-anakku yang tergabung dalam Tonti, prestasi ini sebagai penyemangat untuk menuju prestasi-prestasi berikutnya. Dengan kemauan keras dan kerja yang optimal akhirnya prestasi pun dapat anda ukir untuk mengharumkan nama baik SMK Negeri 1 Yogyakarta.

 

Semoga dengan prestasi ini adik-adikmu kelak akan berminat untuk bergabung menjadi peleton inti SMK Negeri 1 Yogyakarta, karena peleton inti sebagai ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan terutama sebagai petugas upacara pada upacara peringatan hari-hari besar nasional. Di samping itu tentu Peleton Inti sebagai role model kedisiplinan pada semua aspek kehidupan di sekolah.

 

Salam Boslis
Ndobos jadi tulisan

Indahnya berbagi tulisan tanpa batas hidup terasa lebih bermakna.

 

Yogyakarta, 14 November 2022 pukul 06.43 WIB.