Kamis, 28 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Komitmen Majukan Ponpes Kalsel, ULM Monev Program Matching Fund Kedaireka Bersama Adaro

Komitmen Majukan Ponpes Kalsel, ULM Monev Program Matching Fund Kedaireka Bersama Adaro

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan  PT. Adaro dan Yayasan Adaro Membangun Negeri (YABN) terus meningkatkan sinergitas dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Matching Fund – Kedaireka. Untuk memaksimalkan hasil dari Program Matching Fund, maka dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) pada Jumat (11/11/2022) di gedung Inkubator Bisnis dan Teknologi (IBT) ULM Banjarbaru.

Pertemuan ini juga sekaligus dalam rangka kick-off Matching Fund Kedaireka dan Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) untuk tahun 2022. Mengambil tema  “Pesantren Mandiri dan Santri Sejahtra melalui konsep Edu-Agro-Techno-Socioprenuership (EATS) Tahap II dalam Mendukung Ketahanan Pangan dan Pemulihan Ekonomi di Era Pandemi Covid-19” memiliki 4 target inti. Keempat target tersebut di antaranya pengembangan teknologi pasca panen, peningkatan produktivitas produk dan diversifikasi produk untuk stunting, pengembangan vokasi santri dan ustadz, dan perubahan mindset santri dan ustadz.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, M.Sc menyambut Ketua Divisi CSR PT. Adaro Energy Tbk Okty Damayanti dan Ketua Yasyasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Sam Guntur beserta rombangan staf yang juga turut berhadir dalam pertemuan tersebut. Prof. Yudi menjelaskan pada program Matching Fund tahun kedua ini terdapat 5 pondok pesantren yang menjadi objek program PASS untuk menghasilkan best proven practice dalam penerapan konsep edu-agro-techno-sociopreneurship (EATS).“Melalui program ini santri diharapkan tidak hanya menguasai ilmu agama, tapi juga mampu untuk mandiri dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutur Prof. Yudi.