Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Literasi Kuatkan Relasi: Kunjungan SMA N 1 Manggar Belitung Timur

Literasi Kuatkan Relasi: Kunjungan SMA N 1 Manggar Belitung Timur

Sebuah kebahagiaan bagi SMA N 1 Pemali menerima kunjungan dari keluarga besar SMA N 1 Manggar. Kunjungan ini adalah bentuk silahturahim dan bentuk pelaksanaan sistem pengembangan literasi sekolah antara SMA N 1 Pemali dan SMA N 1 Manggar.
Tepatnya pada hari Senin, 14 November 2022 SMA N 1 Manggar datang ke SMA N 1 Pemali untuk melakukan kunjungan dan disambut dengan tari sambut oleh tim penari SMA N 1 Pemali. Setelahnya mereka dipersilakan untuk masuk ke Perpustakaan Hayamu SMA N 1 Pemali untuk menghadiri pembukaan acara kunjungan ke SMA N 1 Pemali hari ini.
Rangkaian acara dipandu oleh Ibu Nella Oktarina selaku MC pada kegiatan ini dan dibuka dengan doa yang dipimpin oleh Pak Sariwandi selaku guru PAI. Setelah itu, kepala sekolah SMA N 1 Pemali, Ibu Eflina, M.Pd., dipersilakan untuk memberikan kata sambutan untuk tim SMA N 1 Manggar.
Dalam sambutannya, Bu Eflina, M.Pd. memulai dengan sebuah pantun yang sudah menjadi ciri khasnya. Beliau juga memperkenalkan terlebih dahulu mengenai program yang sedang dijalankan Perpustakaan Hayamu SMA N 1 Pemali serta tentang program beasiswa PT Timah Tbk yang ada di SMA N 1 Pemali.
Gerbang Si Budi menjadi program unggulan Perpustakaan Hayamu SMA N 1 Pemali yang dijelaskan oleh Ibu Eflina, M.Pd kepada tim SMA N 1 Manggar. Gerbang Si Budi itu sendiri adalah singkatan dari Gerakan Menyumbang Koleksi Buku Pribadi yang dicetuskan oleh Ibu Eflina, M.Pd. itu sendiri. Ibu Eflina menyebutkan dalam sambutannya bahwa program ini selain untuk meningkatkan minat baca dan berliterasi juga untuk menjalin relasi dengan alumni maupun siswa/i SMA N 1 Pemali.
Setelah Ibu Eflina menutup kata sambutannya, Ibu Nella Oktaria lalu mempersilakan Pak Sabarudin, M.Pd. untuk juga menyampaikan kata sambutannya. Tak mau ketinggalan, Pak Sabarudin juga membuka sambutannya dengan pantun yang ditujukan untuk membalas pantun pembuka sambutan Ibu Eflina, M.Pd..
Dalam sambutannya beliau menceritakan berbagai hal tentang SMA N 1 Manggar serta prestasi-prestasi yang telah diraih oleh siswa/i nya. Pak Sabarudin, M.Pd. juga memperkenalkan guru-guru yang ikut hadir bersamanya dalam kunjungan ini. Beliau juga menyebutkan bahwa guru-guru tersebut merupakan pendamping siswa/i SMA N 1 Manggar dalam meraih prestasi mereka. Salah satunya adalah Ibu Tri Warti yang selama 3 tahun berturut-turut berhasil membawa siswa/i nya meraih medali dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Tidak hanya itu, beliau juga memberi tips-tips bagi guru-guru SMA N 1 Pemali untuk memacu dan mengapresiasi siswa/i dalam meraih prestasi. Beliau juga mengatakan, tak hanya murid yang perlu diapresiasi, guru juga perlu rdiapresiasi.
“Anak perlu diapresiasi, guru juga perlu diapresiasi.” Ujar Pak Sabarudin dalam pidato sambutannya.
Setelah Pak Sabarudin selesai menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pengembangan literasi sekolah antara SMA N 1 Pemali dan SMA N 1 Manggar. Tak lupa Pak Sabarudin menyerukan kalimat motvasi.
“Tetap semangat, tetap berkarya tetap berprestasi. Totalitas kunci dari kualitas.” ujar beliau ditutup dengan motto SMA N 1 Manggar.
Tak hanya berhenti di situ, pihak SMA N 1 Manggar juga ikut berpartisipasi dalam menggerakkan program unggulan Perpustakaan Hayamu SMA N 1 Pemali dengan ikut menyumbangkan koleksi buku mereka kepada Perpustakaan Hayamu. Dalam hal ini, Ibu Eflina mewakili Perpustakaan Hayamu menerima buku pemberian SMA N 1 Manggar.
Tak lama, Ibu Eflina memberi sedikit kejutan untuk Pak Sabarudin berupa figura berisi lukisan sketsa wajahnya yang dibuat mendadak oleh salah satu siswa SMA N 1 Pemali, yaitu Gading Nugraha kelas 12 IPS 3 sesuai dengan apa yang diucapkannya dalam pidato sambutannya, beliau langsung memanggil siswa tersbut dan mengapresiasinya.
​Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan kudapan yang telah disiapkan SMA N 1 Pemali. Kemudian tim SMA N 1 Manggar ditemani dengan guru-guru serta Duta Pustaka SMA N 1 Pemali menglilingi dan melihat-lihat keadaan sekolah. Ibu Resgiana, S.Pd. Selaku tim SMA N 1 Manggar memuji kebersihan SMA N 1 Pemali.
Selepas makan siang dan sholat dzuhur, acara kunjungan ini ditutup dengan foto bersama kedua belah pihak. Dengan adanya kunjungan ini, SMA N 1 Manggar mengharapkan kunjungan balasan dari SMA N 1 Pemali. Semoga dengan adanya kunjungan ini bisa lebih menguatkan dunia literasi SMA N 1 Pemali maupun SMA N 1 Manggar. (Tiur Rizki Sitinjak & Nurul Janah Gustina)