Minggu, 27 November 2022
Perguruan Tinggi

7 Mahasiswa UNDIP Raih Silver Medals di Ajang Indonesia Inventors Day 2022

7 Mahasiswa UNDIP Raih Silver Medals di Ajang Indonesia Inventors Day 2022

Semarang-Jawa Tengah (17/09). Prestasi membanggakan di tingkat internasional sukses diraih oleh mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang tergabung dalam Tim Capture Project. Kali ini, prestasi membanggakan tersebut diraih oleh Pranata Candra Perdana Putra (Perikanan Tangkap, 2019), Zahwatul Ulla (Perikanan Tangkap, 2019), Tegar Indera Hidayat (Perikanan Tangkap, 2020), mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan bersama Fauzan Rafi Miraj (Teknik Elektro, 2019), Akhrim Oktaviano (Teknik Elektro, 2019), Muhammad Naufal Azizi (Teknik Mesin, 2019) mahasiswa Fakultas Teknik, serta Cindy Nurochmah (Sastra Inggris, 2019) mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya yang sukses raih silver medals kategori agriculture, livestock, horticulture, aquaculture, and fisheries pada ajang Indonesia Inventors Day 2022 di Universitas Udayana, Bali.

Indonesia Inventors Day 2022 merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA). INNOPA adalah sebuah asosiasi yang bergerak di bidang pengembangan dan inovasi di Indonesia. INNOPA dibentuk sebagai penghubung untuk para inovator Indonesia dalam menunjukkan ide dan produk inovatif mereka ke tingkat Internasional

Tim Capture Project membuat sebuah prototype alat pemanggil ikan portable yang menggunakan tiga jenis atraktor, yaitu suara, cahaya, dan daun kelapa. Penggunaan atraktor ini disesuaikan dengan tingkah laku ikan target tangkapan, sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Tim Capture Project berharap alat ini dapat dikembangkan sedemikian rupa supaya mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh nelayan.

Prestasi yang diraih oleh Tim Capture Project tidak lepas dari dukungan dan bantuan Bapak Kukuh Eko Prihantoko, S.Pi., M.Si. sebagai dosen pembimbing mereka. Berbagai bimbingan dan evaluasi dilakukan sehingga anak didiknya mampu meraih posisi teratas dalam berbagai bidang khususnya bidang Research. Selamat kepada Tim Capture Project yang telah memenangkan kompetisi Indonesia Inventors Day 2022 dan tetap semangat untuk mengikuti kompetisi-kompetisi selanjutnyta.  (edit by Capture Project Undip)