Jumat, 09 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Tim Pengabdian Masyarakat FEB-UB Dampingi Penyusunan SOP Terintegrasi

Tim Pengabdian Masyarakat FEB-UB Dampingi Penyusunan SOP Terintegrasi
Dr. Drs. Roekhudin, Ak., CSRS

Tak dapat dipungkiri bahwa semakin kompleksnya perkembangan bisnis dapat mempengaruhi sistem di dalam suatu perusahaan. Kini, setiap perusahaan mau tidak mau harus mengikuti perkembangan tersebut. Salah satunya dengan membuat Standard Operating Procedures (SOP) yang terintegrasi dalam proses bisnis.

Melihat hal tersebut, tim pengabdian masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) yang terdiri dari Ketua Pelaksana Dr. Drs. Roekhudin, Ak., CSRS., tenaga kependidikan, dan mahasiswa memberikan pendampingan penyusunan SOP secara terintegrasi kepada CV. Alfa Rizky Consultant (ARC).

Perusahaan ini adalah perusahaan yang berbentuk badan usaha berpengalaman yang mengerjakan proyek nasional. Perusahaan saat ini memiliki kualifikasi mengerjakan proyek-proyek dengan sub klasifikasi jasa perencanaan dan perancangan lingkungan bangunan dan lansekap, jasa desain rekayasa untuk konstruksi pondasi serta struktur bangunan, jasa desain rekayasa untuk pekerjaan teknik sipil air.

Roekhudin, Ak., CSRS menyampaikan, dalam pelaksanaan bisnisnya, perusahaan ini ingin mengembangkan sistemnya, yaitu sistem keuangan terintegrasi, mengingat bahwa klien yang dimiliki semakin berkembang.

Tim Pengabdian Masyarakat FEB-UB Dampingi Penyusunan SOP Terintegrasi

“Oleh karena itu kami berinisiatif untuk bekerja sama dengan mitra dalam penyusunan SOP atas proses bisnis, karena mitra mengeluhkan jika belum terdapat SOP tertulis untuk setiap aktivitas yang dilaksanakannya,” ungkap Roekhudin.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan mulai bulan Juni-November 2022. Pengabdian ini berfokus pada beberapa hal yaitu pendampingan penyusunan SOP, tata kelola manajemen keuangan, dan implementasi sistem informasi berbasis teknologi.

Mengambil tema “Pendampingan Penyusunan Standard Operating Procedure ”, tim pengabdian kepada masyarakat akan melakukan pendampingan penyusunan SOP, pemindahan pencatatan keuangan dari manual ke sistem yang terintegrasi, dan pendampingan dalam aspek sistem informasi akuntansi.

Output dari kegiatan ini adalah menghasilkan modul SOP terkait sistem informasi akuntansi dan implementasi pencatatan keuangan berbasis teknologi pada perusahaan.

“Dari program pengabdian ini diharapkan mitra dapat melakukan perbaikan sistem informasi akuntansi dan manajemennya,” pungkas Roekhudin. [Chan/Irene]