Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

UNNES Terima Tim Itjen Kemendikbudristek Lakukan Entry Meeting Audit BOPTN

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menerima kujungan kerja tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senin (14/11).

Kunjungan itu bertujuan untuk melakukan entry meeting dalam rangka audit Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang dilaksanakan mulai tanggal 13 November s.d 22 November 2022.

Tim Itjen Kemendikbudristek diterima langsung oleh Rektor UNNES Prof Dr S Martono MSi. Dalam sambutannya, Prof Martono menyampaikan UNNES telah berupaya untuk melakukan pengelolaan keuangan sesuai dengan mekanisme dan polarisasi yang telah ditetapkan.

“UNNES memegang teguh tata kelola Good Government University. Kami berharap dengan kehadiran tim Itjen Kemendikbudristek dapat memberikan masukan, arahan, dan kerja sama terkait perbaikan kinerja,” kata Prof Martono.

Dalam kesempatan ini, Prof Martono mengatakan kedepan, UNNES tidak lagi melakukan audit BOPTN tetapi berganti menjadi BOP PTNBH.

“Ini menjadi tahun terkahir UNNES diaudit BOPTN, karena kedepan akan diaudit BOPPTNBH karena beralihnya UNNES menjadi PTNBH. Namun komunikasi dengan Itjen Kemendikbudristek dan Kemenkeu harus selalu terjalin karena salah satu aspek penting adalah pengendalian,” jelasnya.

Ketua tim Itjen Kemendikbudristek Ira Wartini Koespana menyampaikan pelaksanaan tugas audit kinerja dilandasi aturan dan perundang-undangan dengan sasarannya melihat aspek perencanaan, pelaksanaan kegiatan yang menghasilkan outoput, outcome, dan mengevaluasi pelaporan kegiatan.

“Dilaksanakannya audit ini, dalam rangka memastikan efisiensi, efektifitas, dan aspek kehematan meliputi kegiatan, organisasi, keuangan, operasional, dan sumber daya lainnya,” katanya.