Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Ketua IKA Unpas Lantik Pengurus IKA Fakultas, Korda, dan Komda 

Ketua IKA Unpas Lantik Pengurus IKA Fakultas, Korda, dan Komda 

[vc_row][vc_column][vc_single_image image=”57329″ img_size=”large” add_caption=”yes” alignment=”center”][vc_column_text]BANDUNG, unpas.ac.id – Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Pasundan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. melantik pengurus IKA Fakultas, IKA Koordinator Daerah (Korda), dan IKA Komisariat Daerah (Komda), Selasa (15/11/2022).

Pelantikan ini bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-62 Unpas. Dalam sambutannya, Prof. Eddy meminta seluruh pengurus untuk meningkatkan sinergi menuju Unpas unggul, sesuai tema Dies Natalis ke-62 Unpas.

Pengurus IKA Fakultas yang dilantik yaitu IKA FISIP, IKA FEB, IKA Fakultas Hukum, dan IKA Fakultas Teknik. Pengurus IKA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tidak dilantik karena SK masih berlaku hingga 2023.

Dilanjutkan pengurus IKA Korda, yaitu Korda Kab/Kota Bekasi, Kab. Sumedang, Kota Bandung, Kab. Karawang, Kab. Subang, Kab. Purwakarta, Kab. Bandung, Kota Cimahi, Kab/Kota Sukabumi, dan Kab. Indramayu.

Sementara IKA Komda yaitu Komda Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Lampung.

Pelantikan pengurus IKA Unpas Komisariat Fakultas, Korda, dan Komda. (Foto: Rico B)

“Pengurus IKA Fakultas, IKA Korda, dan IKA Komda harus jadi motor penggerak dan membuktikan bahwa Unpas bisa besar karena kekuatan dan sinergi alumninya,” tegasnya.

Ia menambahkan, peran alumni sangat dibutuhkan mengingat Unpas kini tengah mengupayakan terwujudnya visi entrepreneurial university pada 2037 mendatang.

Untuk mengejar target menjadi world class university, Unpas tidak hanya berorientasi pada pembelajaran dan riset, tapi juga penanaman karakter wirausaha, bahkan memunculkan wirausaha baru di kalangan mahasiswa.

Menurutnya, orientasi kewirausahaan dalam pengelolaan perguruan tinggi merepresentasikan adanya revolusi akademik.

“Kita ambil milestone-nya di 2037, karena 2035 diperkirakan terjadi bonus demografi, sehingga tenaga kerja produktif harus disiapkan dari sekarang dan alumni Unpas akan sangat berperan di dalamnya,” ujarnya.

Tingkatkan Sinergi

Di hadapan pengurus IKA Fakultas, IKA Korda, dan IKA Komda, Ketua Umum IKA Unpas berharap akan terwujud program kerja yang sejalan dengan visi Unpas.

Ketua Umum IKA Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. (Foto: Rico B)

“Samakan persepsi dan strategi untuk merealisasikan entrepreneurial university. Saya yakin, visi luhur Unpas bisa tercapai jika semuanya bersinergi, baik mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, maupun alumni,” tuturnya.

Terdekat, IKA Unpas berencana membentuk IKA Unpas Komisariat Luar Negeri karena ada beberapa alumni Unpas yang berkiprah di negara-negara Asia dan Eropa.

“Dalam waktu dekat, akan diresmikan Graha Alumni untuk ditempati pengurus IKA Unpas. Kami juga sudah menyusun AD ART dan rencana program kerja sebagai pedoman pengurus IKA Fakultas, IKA Korda, dan IKA Komda,” tandasnya. (Reta)**



[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]