Rabu, 07 Desember 2022
Perguruan Tinggi

Peringatan Dies Natalis ke-33 FMIPA Unila

Peringatan Dies Natalis ke-33 FMIPA Unila

(Unila): Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila) menggelar peringatan Dies Natalis Hari Jadi ke-33 FMIPA di Gedung Serbaguna (GSG) kampus setempat, Selasa, 15 November 2022.

Kegiatan ini dibuka langsung Ketua Senat FMIPA Unila Prof. Dr. La Zakaria, S.Si., M.Sc., disaksikan jajaran pimpinan kampus antara lain wakil rektor, dekan, kepala biro, anggota senat, koordinator bagian, subkoordinator, pengurus DWP, IKA FMIPA, hingga lembaga kemahasiswaan.

Dekan FMIPA Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., dalam laporannya mengatakan, FMIPA Unila terus mengalami perkembangan dalam mencapai target-target indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Hal itu ia terangkan dengan menguraikan berbagai aspek capaian antara lain akreditasi internasional, kualitas lulusan, implementasi program Merdeka Belajar, capaian luaran penelitian dan pengabdian, kualitas kurikulum, dan proses pembelajaran yang semua berdasarkan IKU 8 perguruan tinggi.

Selain itu, kegiatan ini merupakan sebuah wujud syukur atas pencapaian FMIPA Unila yang senantiasa mengukir bakti untuk kemajuan institusi dengan mewujudkan karya melalui tridarma perguruan tinggi.

Suripto menjelaskan, hingga Oktober 2022 tercatat berbagai prestasi berhasil ditorehkan dosen dan mahasiswa FMIPA Unila baik tingkat wilayah, provinsi, nasional, maupun internasional.

Capaian yang telah diraih FMIPA Unila selama satu tahun terakhir hingga Dies Natalis ke-33 FMIPA Unila diharapkan menjadi amunisi penguat capaian institusi disinergikan bersama capaian fakultas lain sehingga dapat melahirkan berbagai inovasi demi kemajuan negeri.

“Semoga FMIPA Unila makin jaya, makin berprestasi, serta terus bersinergi dan berinovasi demi negeri,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., mewakili segenap pimpinan universitas dan seluruh sivitas akademika Universitas Lampung mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis ke-33 bagi fakultas MIPA.

Ia berharap, fakultas MIPA makin maju dan berkembang, serta lulusan yang dihasilkan makin memberikan kiprah positif bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Dalam kesempatan itu pula, Murhadi memberikan apresiasi tinggi kepada pimpinan FMIPA yang telah merangkul seluruh elemen fakultas, terutama para pendiri dan pendahulu FMIPA yang telah mencurahkan berbagai kinerja dan karya demi membangun institusi FMIPA dan Unila.

“Saya juga mengapresiasi aksi nyata torehan kinerja yang berimbas luas kepada seluruh sivitas akademika Unila,” katanya.

Secara pribadi Murhadi juga menyampaikan apresiasi atas capaian-capaian FMIPA seperti peningkatan guru besar serta jenjang karier dosen dan tenaga kependidikan, perolehan kejuaraan mahasiswa pada kompetisi nasional dan internasional, sekaligus upaya lain untuk terus mengharumkan nama fakultas dan institusi Unila.

“Semoga Allah subhanahu wa taala meridai rencana-rencana baik kita untuk terus berkiprah dalam rangka pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” harapnya.

Adapun rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-33 FMIPA Unila antara lain penyampaian orasi ilmiah oleh Drs. Andi Setiawan, M.Sc., Ph.D., dengan judul “Eksplorasi Senyawa Bioaktif Mikroorganisme Laut Perairan Indonesia”, pemberian penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan terbaik di lingkungan FMIPA Unila, serta penyampaian ucapan terima kasih kepada dosen yang memasuki masa purnabakti. [Humas/Riky]